Wapres AS, Kamala Harris (Andrew Harnik / POOL / AFP)
Wapres AS, Kamala Harris (Andrew Harnik / POOL / AFP)

Sejarah, Kamala Harris Jadi Wapres Wanita Pertama AS

Internasional pelantikan presiden presiden as inaugurasi presiden as Kamala Harris Pelantikan Joe Biden
Rendy Renuki H • 21 Januari 2021 00:43
Washington: Kamala Harris resmi dilantik menjadi Wakil Presiden Amerika Serikat (AS), Rabu 20 Januari pagi waktu setempat. Seiring dengan itu, Harris langsung mencetak sejarah sebagai wapres wanita pertama AS.
 
Sepanjang sejarah 'Negeri Paman Sam', belum pernah ada sosok wanita yang menjabat wapres. Harris akan resmi mendampingi Presiden AS Joe Biden hingga empat tahun ke depan.
 
Wanita 56 tahun itu dilantik sebagai wapres oleh Hakim Mahkamah Agung Sonia Sotomayor di Gedung Capitol, Washington. Sotomayor sendiri merupakan perempuan non-kulit putih pertama yang menjabat profesi hakim di Mahkamah Agung AS 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menukil CNN, Harris mengucapkan sumpah jabatannya di atas dua Alkitab bersejarah. Alkitab itu diketahui milik kerabatnya, Regina Shelton, yang dianggap sebagai ibu kedua Harris.
 
Sementara Alkitab lainnya milik Thurgood Marshall, seorang keturunan Afrika-Amerika pertama yang menjadi hakim agung di Mahkamah Agung AS.
 
Tak hanya menjadi wapres wanita pertama, Harris juga mencatatkan sejarah lainnya. Dia juga menjadi wapres AS pertama dari etnis Afrika-Amerika.
 
Harris mengatakan dia selalu nyaman dengan identitasnya dan hanya menggambarkan dirinya sebagai 'rakyat Amerika'. Dia pun menjadi harapan bagi banyak pihak mengembalikan demokasi AS.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif