Seorang petugas menyemprotkan disinfektan di Venesia, Italia, 11 Maret 2020. (Foto: AFP)
Seorang petugas menyemprotkan disinfektan di Venesia, Italia, 11 Maret 2020. (Foto: AFP)

Italia Catat 919 Kematian akibat Covid-19 dalam Satu Hari

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona covid-19 Berita Virus Corona Hari Ini
Willy Haryono • 28 Maret 2020 08:02
Roma: Italia mencatat 919 kematian akibat virus korona (covid-19) dalam kurun waktu satu hari. Angka tersebut merupakan tambahan data harian tertinggi sejak covid-19 mewabah di Italia.
 
Lewat tambahan data tersebut, dikutip dari laman BBC, Sabtu 28 Maret 2020, total kematian akibat covid-19 di Italia mencapai 9.134. Sedangkan jumlah pasien sembuhnya mencapai 10.950.
 
Italia adalah negara terpara dilanda covid-19 di Eropa. Hampir semua toko, institusi, dan ruang publik di Italia tutup. Semua warga Italia juga diperintahkan untuk selalu berada di dalam rumah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jumat kemarin, otoritas Italia memperingatkan bahwa penutupan wilayah secara total (lockdown) di seantero negeri dapat diperpanjang hingga 3 April mendatang.
 
Wilaah Lombardy di Italia utara mencatat lonjakan tajam kematian akibat covid-19. Satu hari sebelumnya, terjadi penurunan jumlah yang meningkatkan harapan bahwa pandemi covid-19 di Lombardy telah melewati puncaknya.
 
Italia mencatat 5.959 kasus baru covid-19 pada Jumat kemarin, sedikit lebih sedikit dari satu hari sebelumnya. Secara total, kasus covid-19 di Italia saat ini mencapai 86.500.
 
Vincenzo De Luca, Presiden wilayah Campania di sekitar Naples, mengatakan bahwa pemerintah pusat tidak menyalurkan ventilator dan alat medis lainnya yang telah dijanjikan.
 
"Saat ini ada kemungkinan tragedi di Lombardy dapat berubah menjadi tragedi di selatan (Italia)," tutur De Luca.
 
Di hari yang sama, Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte mengatakan bahwa semua Eropa akan terkena resesi parah. Ia menjanjikan paket stimulus kedua untuk Italia dengna nilai berkisar USD25 miliar atau setara Rp454 triliun.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif