PM Inggris Boris Johnson. (Foto: AFP)
PM Inggris Boris Johnson. (Foto: AFP)

Malam Kedua di RS, Kondisi PM Inggris Stabil

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona covid-19 Berita Virus Corona Hari Ini
Willy Haryono • 08 April 2020 06:54
London: Perdana Menteri Inggris Boris Johnson melewati malam kedua di unit perawatan intensif di sebuah rumah sakit di London. Kantor PM Inggris di Downing Street mengatakan bahwa PM Johnson masih berada di rumah sakit St Thomas' Hospital "untuk dimonitor secara seksama."
 
"Kondisi PM Johnson stabil dan ia masih tetap bersemangat," ucap juru bicara perdana menteri Inggris pada Selasa 7 April malam.
 
Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab, yang ditunjuk Johnson untuk menggantikannya sementara waktu, mengaku "optimistis" sang perdana menteri akan sembuh dari infeksi virus korona (covid-19).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menyebut PM Johnson tak hanya sekadar bos "tapi juga teman," Raab berkata: "Kami terus mendoakan perdana menteri hingga kini."
 
"Saya yakin dia akan sembuh. Satu hal yang saya satu mengena perdana menteri ini adalah, dia seorang petarung. Dia akan kembali memimpin kami melewati krisis ini," lanjutnya, dikutip dari BBC, Rabu 8 April 2020.
 
Raab mengatakan Johnson hanya menerima perawatan oksigen standar dan tidak dipasangi alat bantuan seperti ventilator.
 
PM Johnson dirawat di RS St. Thomas sejak Minggu malam, 10 hari setelah ia didiagnosis terjangkit virus korona (covid-19). Ia merupakan pemimpin global pertama yang terjangkit virus tersebut.
 
Setelah mengisolasi diri di kediamannya di Downing Street, PM Johnson dibawa ke ICU karena kondisinya kian memburuk. Seperti Raab, Menteri Kabinet Michael Gove juga mengatakan bahwa PM Johnson hanya diberikan oksigen standar selama dirawat.
 
"Perdana Menteri tidak menggunakan ventilator," kata Gove.
 
"Kami sangat berharap ia dapat pulih secepat mungkin," imbuhnya. Tunangan Johnson, Carrie Symonds yang tengah hamil, saat ini juga dalam proses pemulihan dari gejala-gejala covid-19.
 
Berdasarkan data terbaru Universitas Johns Hopkins pada Rabu pagi, total infeksi di tengah pandemi covid-19 di Inggris telah melampaui 55 ribu dengan 6.171 kematian dan 325 pasien sembuh.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif