Logo di markas besar WHO di Jenewa, Swiss. (Foto: AFP)
Logo di markas besar WHO di Jenewa, Swiss. (Foto: AFP)

65 Kasus Covid-19 Dikabarkan Muncul di Markas WHO

Internasional Virus Korona WHO covid-19 pandemi covid-19
Willy Haryono • 17 November 2020 10:38
Jenewa: Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dikabarkan mencatat 65 kasus virus korona (covid-19) di jajaran staf markas pusat di Jenewa, Swiss. Kabar diketahui sejumlah media berdasarkan sebuah surat elektronik internal WHO yang didapat oleh APTN. Kabar ini muncul meski WHO sebelumnya pernah menegaskan tidak ada transmisi covid-19 di markas pusat Jenewa.
 
Kemunculan kabar 65 kasus covid-19 di WHO ini terjadi saat lonjakan infeksi terjadi di Eropa, termasuk di kota Jenewa, Swiss. Surat elektronik internal itu menyebutkan bahwa separuh dari 65 infeksi berasal dari staf WHO yang bekerja dari rumah.
 
Namun sebanyak 32 staf WHO yang terinfeksi diketahui bekerja di kantor, mengindikasikan bahwa standar kebersihan dan pemeriksaan yang dilakukan salah satu agensi PBB itu tidak cukup untuk mencegah penyebaran covid-19.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Juru bicara WHO Farah Dakhlallah mengonfirmasi keakuratan dari informasi melalui sebuah email. Ia mengatakan otoritas terkait sedang menginvestigasi kasus tersebut.
 
"Kami belum dapat menentukan apakah transmisi terjadi di dalam (markas), tapi kami sedang menyelidikinya," kata Dakhlallah, dikutip dari laman CBC pada Senin, 16 November 2020.
 
Baca:WHO: Jangan Menyerah dari Upaya Pengendalian Covid-19
 
Raul Thomas, yang memimpin operasi bisnis di WHO, mengirimkan surat elektoronik pada Jumat kemarin. Isi surat menyebutkan bahwa lima orang, termasuk empat yang bekerja dalam satu tim, telah terinfeksi covid-19.
 
Meski surat Thomas tidak menyebutkan kata "klaster," namun terinfeksinya lebih dari dua orang di lingkungan yang sama mengindikasikan adanya pelanggaran protokol kesehatan.
 
Surat sebelumnya yang dikirim Thomas pada 16 Oktober mengindikasikan tidak adanya klaster di WHO.
 
"Sesuai protokol standar, para kolega ini telah menerima perhatian medis yang dibutuhkan dan sedang memulihkan diri di rumah," tulis surat Thomas pada Jumat kemarin.
 
"Lima kasus terbaru ini menjadikan total kasus positif covid-19 di jajaran staf di Jenewa mencapai 65 sejak awal pandemi," lanjutnya.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif