AS membatasi perjalanan dari Brasil untuk kekang penyebaran virus covid-19. (Foto: AFP).
AS membatasi perjalanan dari Brasil untuk kekang penyebaran virus covid-19. (Foto: AFP).

Kasus Covid-19 Meningkat, AS Batasi Perjalanan dari Brasil

Internasional amerika serikat
Marcheilla Ariesta • 25 Mei 2020 13:01
Washington: Amerika Serikat akan membatasi perjalanan dari Brasil untuk memperlambat penyebaran virus korona (covid-19). Juru bicara Gedung Putih Kayleigh McEnany menyampaikan pengumuman ini setelah angka infeksi di Brasil meningkat pesat.
 
"Perintah ini berlaku bagi orang asing yang secara fisik berada di Republik Federal Brasil selama periode 14 hari sebelum ke Amerika Serikat," kata McEnany, dilansir dari Business Insider, Senin 25 Mei 2020.
 
Kebijakan ini hanya berlaku bagi warga asing dan tidak untuk warga Amerika Serikat, penduduk tetap yang sah, atau anggota keluarga mereka. Kebijakan tersebut akan mulai berlaku pada Kamis mendatang, pukul 23.59 malam.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, perintah itu juga mengecualikan arus perdagangan bebas antara AS dan Brasil.
 
"Kebijakan ini adalah langkah Presiden Trump untuk melindungi negara kita karena jumlah kasus virus korona di Brasil terus meningkat," imbuhnya.
 
Menurut data John Hopkins University, angka terkonfirmasi covid-19 di Brasil per 25 Mei 2020 sebanyak 363.211 kasus. Dari angka tersebut, 22.666 orang meninggal dunia, dan 149.911 orang sembuh.
 
Brasil menempati urutan kedua negara dengan kasus covid-19 terbanyak di dunia. Di urutan pertama ada Amerika Serikat sebanyak 1.643.499 orang dengan angka kematian sebanyak 97.722 kasus.
 
Pemerintahan Presiden AS Donald Trump sebelumnya juga menghentikan perjalanan dari Tiongkok pada Januari dan Iran pada Februari. Larangan tersebut diperluas ke wilayah Schengen yang mencakup 26 negara Eropa, serta Inggris dan Irlandia setelah virus menyebar di sana.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif