Amy Coney Barrett. (Anna Moneymaker/Pool/AFP/Getty)
Amy Coney Barrett. (Anna Moneymaker/Pool/AFP/Getty)

Senat Konfirmasi Amy Coney Barrett Sebagai Hakim Mahkamah Agung AS

Internasional amerika serikat Amy Coney Barrett
Willy Haryono • 27 Oktober 2020 07:51
Washington: Senat Amerika Serikat telah mengonfirmasi Amy Coney Barrett sebagai hakim Mahkamah Agung AS. Konfirmasi ini semakin memperkuat mayoritas kubu konservatif di jajaran sembilan hakim Mahkamah Agung AS.
 
Hasil voting di Senat berakhir dengan 52-48 untuk dukungan konfirmasi terhadap Barrett.
 
Senator Susan Collins dari Maine menjadi satu-satunya senator Partai Republik yang justru menentang nominasi Barrett. Ia menilai nominasi Barrett dilakukan terlalu dekat dengan pemilihan umum presiden AS pada 3 November mendatang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pertaruhan di Mahkamah Agung AS terjadi di momen krusial jelang pilpres, saat kendali terhadap Kongres dan Gedung Putih sedang dipertaruhkan. Barrett sebagai hakim baru Mahkamah Agung AS merupakan penunjukan ketiga yang dilakukan Presiden AS Donald Trump selama masa kepemimpinannya.
 
Baca:Trump Tegaskan Republik Berhak Pilih Hakim Mahkamah Agung
 
Lewat mayoritas di Mahkamah Agung AS, Republik memiliki kesempatan untuk memprioritaskan agenda-agenda konservatif untuk bertahun-tahun ke depan. Ini dikarenakan jabatan hakim Mahkamah Agung AS dipegang seumur hidup.
 
Barrett, berusia 48 tahun, diyakini akan terus berada di Mahkamah Agung AS hingga beberapa dekade ke depan.
 
Mayoritas konservatif dengan angka 6 berbanding 3 dengan kubu liberal di Mahkamah Agung, dapat berimbas pada beragam isu d AS, termasuk mengenai masa depan jaminan kesehatan Affordable Care Act.
 
Konfirmasi Barrett dilakukan usai jajaran senator Republik, yang menguasai badan Senat, mendorong nominasi cepat posisi hakim usai meninggalnya Ruth Bader Ginsburg bulan lalu.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif