Sekelompok imigran asal Honduras hendak menyeberang ke Guatemala untuk mencapai Amerika Serikat. (AFP)
Sekelompok imigran asal Honduras hendak menyeberang ke Guatemala untuk mencapai Amerika Serikat. (AFP)

PBB: Migrasi Dunia Turun 30 Persen akibat Pandemi Covid-19

Internasional pbb Virus Korona covid-19 pandemi covid-19
Willy Haryono • 17 Januari 2021 20:05
New York: Pandemi virus korona (covid-19) telah memperlambat laju migrasi global hingga hampir 30 persen. Menurut sebuah laporan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), jumlah orang yang bermigrasi di seluruh dunia dua juta lebih sedikit dari prediksi pada periode 2019 dan 2020.
 
PBB menyebut sekitar 281 juta orang tinggal di luar negara kelahiran mereka pada 2020.
 
Laporan terbaru PBB, berjudul "Migrasi Internasional 2020," memperlihatkan bahwa dua per tiga imigran terdaftar hidup di 20 negara, dengan Amerika Serikat berada di peringkat pertama. Sementara jumlah migrasi internasional sepanjang 2020 kemarin menurut catatan PBB mencapai 51 juta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Setelah AS, negara tempat hidupnya para imigran adalah Jerman dengan angka 16 juta, Arab Saudi 13 juta, Rusia 12 juta, dan Inggris 9 juta.
 
Dilansir dari Wionews pada Minggu, 17 Januari 2021, India berada di urutan teratas dalam jumlah diaspora sepanjang 2020, dengan 18 juta warganya tinggal di sejumlah negara lain. Selain India, negara dengan jumlah diaspora yang cukup tinggi melipui Meksiko dan Rusia (11 juta), Tiongkok (10 juta), dan Suriah (8 juta).
 
Pada 2020, jumlah imigran internasional terbesar berada di Eropa, dengan total mencapai 87 juta.
 
Hampir separuh dari imigran internasional itu tinggal di kawasan yang sama dengan negara mereka, dengan Eropa mencatat angka tertinggi. Sebanyak 70 persen dari imigran yang lahir di Eropa, saat ini tinggal di negara lainnya di benua tersebut.
 
Masih dari laporan PBB, jumlah pengungsi pada 2020 berkisar 12 persen dari total imigran internasional. Sekitar 80 persen dari mereka tinggal di negara-negara berpenghasilan rendah hingga menengah.
 
Sementara itu di Amerika Tengah, ribuan imigran asal Honduras beramai-ramai menyeberang menuju Guatemala untuk mencapai AS. Sebagian dari mereka meninggalkan Honduras untuk melarikan diri dari kemiskinan dan mencari kehidupan yang lebih baik di Negeri Paman Sam.
 
Baca:  Ribuan Imigran Honduras Masuk ke Guatemala untuk Mencapai AS
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif