Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres. (Fabrice COFFRINI / AFP)
Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres. (Fabrice COFFRINI / AFP)

Sekjen PBB: Hentikan Konflik dan Bersama-sama Perangi Pandemi Covid-19

Internasional pbb pandemi covid-19 Sekjen PBB Sidang Majelis Umum PBB 2021
Willy Haryono • 15 September 2021 08:36
New York: Komunitas global harus bersatu menghadapi beragam tantangan baru, dan merupakan hal penting bagi semua pihak untuk bersama-sama menangani pandemi Covid-19, ucap Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres di pembukaan sesi ke-76 Sidang Majelis Umum PBB, Selasa, 14 September 2021.
 
"Kita semua bersatu dalam periode yang ditandai bergam tantangan dan perpecahan besar, konflik dan perubahan iklim, serta meningkatnya kemiskinan dan kesenjangan," ucap Guterres yang berbicara dalam bahasa Prancis.
 
"Pandemi terus mengancam kehidupan dan masa depan. Tantangan-tantangan ini diperburuk kesenjangan yang mengancam dunia kita, kesenjangan antara kelompok kaya dan miskin," sambungnya, dikutip dari laman Tass, Rabu, 15 September 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bagi sebagian orang, lanjut Guterres, makanan dan minuman serta layanan kesehatan dianggap sebagai komoditas lumrah yang memang pasti akan mereka dapatkan. Namun bagi sebagian orang lainnya, hal-hal semacam itu hanyalah mimpi.
 
Baca:  PBB Sebut Pandemi Covid-19 Krisis Ganda Bagi Warga Miskin
 
Kesenjangan seperti ini disebut Guterres tidak hanya untuk masalah kebutuhan pokok, namun juga vaksin yang merupakan komoditas krusial dalam mengakhiri pandemi Covid-19.
 
"Tantangan dan perpecahan ini bukanlah fenomena alam. Ini buatan manusia. Sejumlah sistem ekonomi memperberat kelompok miskin dan rentan," sebut Guterres yang beralih ke bahasa Inggris.
 
"Namun tantangan dan perpecahan ini dapat ditangani, jika kita bersatu, sebagai sebuah keluarga manusia. jika kita bersatu dan berkumpul dalam semangat multilateralisme," lanjutnya.
 
Guterres juga meminta negara-negara dunia untuk meningkatkan laju vaksinasi Covid-19 dan lebih serius dalam memitigasi dampak buruk perubahan iklim.
 
"Peperangan dan konflik juga harus diakhiri. Sudah saatnya kita fokus terhadap satu musuh bersama: pandemi," pungkasnya.
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif