Kamala Harris, langsung memberikan dampak besar dalam kampanye Joe Biden. Foto: AFP
Kamala Harris, langsung memberikan dampak besar dalam kampanye Joe Biden. Foto: AFP

Usai Pilih Harris, Dana Kampanye Joe Biden Berlipat Ganda

Internasional joe biden Pilpres AS 2020 Kamala Harris
Fajar Nugraha • 14 Agustus 2020 13:38
Washington: Pemilihan Kamala Harris sebagai calon Wakil Presiden AS dari Partai Demokrat langsung menimbulkan dampak besar bagi Joe Biden. Biden yang merupakan calon Presiden AS dari Partai Demokrat mengumumkan nama Harris pada Selasa lalu.
 
Baca: Lima Kutipan Serangan Kamala Harris kepada Donald Trump.
 
“Kampanye Joe Biden, telah mengumpulkan USD48 juta atau Rp712 miliar dalam 48 jam, sejak dia menunjuk Senator AS Kamala Harris sebagai calon Wakil Presiden dari Partai Demokrat,” sebut anggota tim kampanye Biden, dikutip dari Channel News Asia, Jumat 14 Agustus 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Biden, yang merupakan Wakil Presiden AS di era Barack Obama, menjadikan Harris perempuan kulit hitam pertama maju dalam Pilpres AS menuju ke Gedung Putih.
 
Dengan keresahan sosial atas ketidakadilan rasial yang mengguncang negara selama berbulan-bulan sejak kematian dalam tahanan seorang pria Afrika-Amerika, George Floyd, Biden berada di bawah tekanan untuk memilih seorang wanita kulit hitam sebagai wakilnya.
 
Akhirnya nama Kamala Harris, seorang senator berusia 55 tahun dari California yang mencalonkan diri sendiri untuk Gedung Putih, juga orang Asia-Amerika pertama yang mendapatkan tiket utama. Tidak hanya keturunan Afrika-Amerika, Harris juga memiliki darah Asia-Amerika. Orangtuanya adalah imigran, ibunya dari India dan ayahnya dari Jamaika.
 
Dia menjadi senator perempuan kulit hitam AS kedua dalam sejarah ketika terpilih pada 2016 dan akan diandalkan untuk membantu memobilisasi orang Afrika-Amerika, yang dianggap konstituen pemilihan paling setia dari Partai Demokrat.
 
Empat tahun lalu, penurunan pertama dalam jumlah pemilih kulit hitam dalam 20 tahun berkontribusi pada kekalahan mengejutkan dari Partai Demokrat Hillary Clinton dari Donald Trump dalam pemilihan presiden.
 
Harris, mantan jaksa penuntut dan jaksa agung negara bagian di California, dikenal karena gaya bertanya yang terkadang agresif di Senat.
 
Sebagai calon presiden, dia membawa Biden untuk bertugas dalam debat televisi nasional tentang sikap masa lalunya. Pilihan cawapres menambah arti penting bagi Biden, 77, yang akan menjadi orang tertua yang menjadi Presiden AS jika dia terpilih.
 
Umurnya telah menimbulkan spekulasi bahwa dia hanya akan menjalani satu masa jabatan, menjadikan Harris calon pesaing teratas untuk nominasi Demokrat pada 2024. Biden dan kelompok yang berafiliasi dengan kampanyenya telah mengumpulkan USD140 juta pada Juli.
 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif