Kapal induk USS Theodore Roosevelt. (Foto: AFP)
Kapal induk USS Theodore Roosevelt. (Foto: AFP)

Kapten Kapal Induk AS Minta Bantuan Terkait Covid-19

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona covid-19 Berita Virus Corona Hari Ini
Willy Haryono • 01 April 2020 06:50
Guam: Kapten dari sebuah kapal induk Amerika Serikat yang membawa lebih dari 4.000 kru meminta tolong pemerintah pusat dalam menghentikan penyebaran virus korona (covid-19) di dalam kapal. Sejumlah orang di dalam kapal USS Theodore Roosevelt, yang saat ini berlabuh di Guam, telah dinyatakan positif covid-19.
 
"Kita sedang tidak berada dalam perang. Para pelaut tidak perlu meninggal," kata Kapten Brett Crozier dalam surat permintaan tolong kepada Kementerian Pertahanan AS atau Pentagon, dilansir dari BBC, Rabu 1 April 2020.
 
Dalam suratnya, Kapten Crozier merekomendasikan mengkarantina seluruh kru. Ia mengatakan bahwa banyak pelaut di USS Theodore Roosevelt hidup dalam ruangan sempit, sehingga mengisolasi individu terjangkit covid-19 hampir mustahil dilakukan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Penyebaran virus korona semakin cepat dan terus berlanjut," ungkap Kapten Crozier dalam surat tertanggal 30 Maret.
 
"Langkah cepat diperlukan. Menyingkirkan mayoritas personel dari kapal induk dan mengisolasi mereka selama dua pekan mungkin adalah langkah yang luar biasa tapi diperlukan," lanjutnya.
 
Menurut laporan sejumlah media lokal pekan kemarin, setidaknya 36 pelaut di USS Theodore Roosevelt terinfeksi covid-19. Menurt San Francisco Chronicle, jumlahnya kini telah mencapai 100.
 
Juru bicara Angkatan Laut AS mengatakan pihaknya sedang bergerak cepat untuk "memastikan kesehatan dan keselamatan semua kru USS Theodore Roosevelt."
 
Berdasarkan data terbaru Universitas Johns Hopkins pada Rabu ini, total kasus covid-19 di AS mencapai lebih dari 187 ribu dengan 3.873 kematian dan 7.024 pasien sembuh.

 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif