Ilustrasi virus korona covid-19. (Foto: AFP)
Ilustrasi virus korona covid-19. (Foto: AFP)

20 Ilmuwan Boston Uji Vaksin Covid-19 ke Diri Sendiri

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona covid-19
Willy Haryono • 02 Agustus 2020 14:04
Boston: Sedikitnya 20 ilmuwan, pakar teknologi, dan pencita sains di Boston, Amerika Serikat, menguji vaksin virus korona (covid-19) ke diri mereka sendiri. Menurut laporan di MIT Technology Review, vaksin yang mereka coba berasal dari grup bernama Rapid Deployment Vaccine Collaborative (Radvac).
 
Dilansir dari The Jerusalem Post, Minggu 2 Agustus 2020, banyak dari ilmuwan yang mencoba vaksin ini terkait dengan Harvard University dan MIT. Salah satu dari mereka adalah George Church, seorang pakar genetik ternama dari Harvard.
 
Berdiam diri di rumah sejak lima bulan terakhir, Church meyakini vaksin buatan Radvac ini sangat aman. Salah satu ilmuwan pengembang vaksin ini adalah Preston Estep, mantan anak didik Church di Harvard.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Radvac dibentuk pada Maret lalu, usai Estep meminta beberapa rekannya untuk memulai projek pembuatan vaksin covid-19.
 
Ia menilai pengembangan vaksin secara independen (do it yourself/DIY) dapat dimulai karena informasi seputar covid-19 sudah banyak beredar.
 
"Kami membentuk sebuah grup inti. Banyak dari mereka berasal dari komunitas sains," kata Estep, yang juga merupakan salah satu pendiri perusahaan Veritas Genetics.
 
Tim Radvac mengembangkan vaksin covid-19 dengan mempelajari berbagai laporan mengenai penyakit SARS dan MERS. Radvac bertekad untuk menemukan "sebuah formula sederhana yang dapat dibuat dengan material-materal yang mudah didapat."
 
Dokumen mengenai vaksin covid-19 buatan Radvad telah dirilis pada awal Juli. Selain Radvac, banyak perusahaan di luar sana yang sedang berlomba-lomba membuat vaksin covid-19.
 

(WIL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif