Petugas berusaha memadamkan sejumlah titik api dalam kebakaran hutan di Mill City, Oregon, AS, 10 September 2020. (Kathryn Elsesser/AFP/Getty)
Petugas berusaha memadamkan sejumlah titik api dalam kebakaran hutan di Mill City, Oregon, AS, 10 September 2020. (Kathryn Elsesser/AFP/Getty)

Trump Deklarasikan Bencana Besar untuk Kebakaran Oregon

Internasional amerika serikat kebakaran hutan
Willy Haryono • 16 September 2020 08:35
Washington: Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyetujui deklarasi 'bencana besar' untuk Oregon, salah satu negara bagian di wilayah West Coast yang dilanda kebakaran hutan berskala masif. Negara bagian lain yang juga dilanda kebakaran hutan adalah California dan Washington.
 
Lewat deklarasi bencana besar, maka anggaran federal dapat langsung dikucurkan ke Oregon untuk membantu menangani upaya pemadaman dan korban kebakaran.
 
"Anggaran federal dapat digunakan untuk dana bantuan, biaya perbaikan rumah, dan pinjaman berbunga rendah untuk properti yang tidak dilindungi asuransi," ujar pernyataan resmi dari Gedung Putih, dilansir dari laman CGTN, Rabu 16 September 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jumlah korban tewas kebakaran hutan di tiga negara bagian di AS telah melampaui 30 orang. Otoritas Oregon khawatir angkanya dapat bertambah karena masih banyak warga yang dinyatakan hilang.
 
Sebelumnya, Trump telah mengunjungi California untuk melihat langsung area terdampak kebakaran hutan. Trump menegaskan, seharusnya para politisi Partai Demokrat mampu mengantisipasi pepohonan yang "dapat meledak" dan memicu kebakaran hutan.
 
Trump mengkritik jajaran pejabat negara bagian dan lokal karena tidak 'menebang' pepohonan kering di California.
 
"Mereka (pejabat California) tidak melakukan itu," kata Trump di Sacramento.
 
"Ketika pepohonan tumbang, setelah 18 bulan mereka akan menjadi kering seperti batang korek api. Setelah itu, mereka meledak, benar-benar dapat meledak," ucapnya.
 
Tidak hanya itu, Trump juga menilai kebakaran hutan di AS, termasuk California, semata hanya diakibatkan buruknya manajemen kehutanan. Ia membantah perubahan iklim memainkan peran dalam kebakaran hutan.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif