Warga AS mengenakan masker saat beraktivitas di ruang publik. (Foto: NOEL CELIS/AFP)
Warga AS mengenakan masker saat beraktivitas di ruang publik. (Foto: NOEL CELIS/AFP)

Kasus Covid-19 di AS Lebih Banyak dari Penduduk Irlandia

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona covid-19
Willy Haryono • 10 Agustus 2020 07:47
Washington: Jumlah kasus virus korona (covid-19) di Amerika Serikat telah melampaui 5 juta pada Minggu 9 Agustus waktu setempat. Angka tersebut berkisar seperempat dari total kasus covid-19 di kancah global yang hampir melewati 20 juta.
 
Berdasarkan data Johns Hopkins University di hari yang sama, AS juga masih menjadi negara teratas dalam hal kematian akibat covid-19, yakni di atas 162 ribu.
 
Dilansir dari CNN, Senin 10 Agustus 2020, angka kasus covid-19 di AS kini lebih tinggi dari total populasi Republik Irlandia. Hingga 2016, total populasi Republik Irlandia berkisar 4,8 juta, sementara 1,8 juta lainnya hidup di Irlandia Utara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Angka total kasus covid-19 di AS juga sedikit lebih tinggi dari keseluruhan jumlah warga di negara bagian Alabama.
 
Infeksi covid-19 di AS bertambah dengan cepat: hanya 99 hari untuk mencapai angka 1 juta, 43 hari ke kisaran 2 juta, 28 hari ke 3 juta, dan 15 hari untuk melampaui 4 juta pada 23 Juli. Angkanya melompat ke 5 juta dalam kurun waktu 17 hari.
 
"Ini adalah angka-angka yang serius," kata Dr William Schaffner, profesor penyakit menular dari Vanderbilt University.
 
"Angka kasus, pasien, dan kematian (akibat covid-19) sangatlah besar, dan mungkin akan terus bertambah," sambungnya.
 
"Di negara ini, virus menyebar dengan cepat karena banyak orang tidak mematuhi program-program pengendaliannya," ungkap Schaffner.
 
Berdasarkan data dari Covid Tracker milik Johns Hopkins University, pandemi covid-19 di AS belum memperlihatkan tanda-tanda melamban, dan angka kematiannya juga terus meningkat. Dalam lima hari terakhir, angka kematin akibat covid-19 mencapai di atas 1.000 pada setiap harinya.
 
Sepanjang pekan kemarin, lima negara bagian di AS berkontribusi terhadap lebih kurang 40 persen dari total infeksi covid-19 di Negeri Paman Sam. Kelima negara bagian itu adalah California, Florida, Texas, New York, dan Georgia.

 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif