Presiden AS Donald Trump. (Foto: AFP)
Presiden AS Donald Trump. (Foto: AFP)

Trump Pertimbangkan Lima Perempuan untuk Posisi Hakim MA

Internasional amerika serikat donald trump Pilpres AS 2020
Willy Haryono • 22 September 2020 07:34
Washington: Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengaku sedang mempertimbangkan lima perempuan untuk mengisi posisi hakim Mahkamah Agung MA yang kosong usai meninggalnya Ruth Bader Ginsburg pekan lalu. Berbicara kepada awak media di Gedung Putih sebelum berangkat ke Ohio, Trump mengatakan kelimanya sedang "diseleksi dengan sangat ketat."
 
Ia mengatakan pengumuman nama nominasi pengganti Ginsburg mungkin akan diumumkan pada "Jumat atau Sabtu" mendatang.
 
Dikutip dari Xinhua, Selasa 22 September 2020, Trump mengaku ingin agar Senat AS melakukan pemungutan suara untuk menggantikan Ginsburg sebelum pemilihan umum presiden pada 3 November mendatang. Langkah itu bertujuan agar tokoh konservatif mendominasi jajaran Mahkamah Agung AS yang diisi sembilan hakim.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Amy Coney Barrett, Barbara Lagoa, dan Allison Jones Rushing disebut-sebut sebagai tiga perempuan yang berada dalam daftar nominasi Trump. Barrett dan Lagoa dikabarkan sebagai dua tokoh teratas untuk mengisi jabatan hakim MA.
 
Ginsburg meninggal Jumat pekan kemarin akibat kanker pankreas di usia 87 tahun. Dikenal sebagai tokoh liberal penegak hak-hak perempuan, Ginsburg ditunjuk menjadi hakim MA di era Bill Clinton pada 1993.
 
Saat publik AS berduka atas kepergian Ginsburg, Partai Demokrat dan Republik ramai berdebat mengenai seberapa cepat Senat dapat mengisi kekosongan jabatan di MA. Republik ingin Ginsburg segera diganti, sementara Demokrat mendorong agar pemilih dilakukan usai pilpres.
 
Capres Demokrat, Joe Biden, mengatakan bahwa langkah Trump mendorong nominasinya sebelum pilpres sebagai bentuk "penyalahgunaan wewenang."
 
Senat AS dikuasai Republik dengan keunggulan 53-47. Namun dua senator Republik dikabarkan ingin agar pemungutan suara untuk menggantikan Ginsburg dilakukan setelah pilpres.
 
Jenazah Ginsburg akan berada di US Capitol pada Jumat mendatang untuk mendapat penghormatan terakhir. Ia akan menjadi perempuan pertama dalam sejarah yang menerima penghormatan seperti itu.
 
Nantinya, Ginsburg akan dikuburkan di Pemakaman Nasional Arlington, yang berada di seberang Sungai Potomac dari Washington DC.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif