Dmitry Peskov, juru bicara Presiden Rusia Vladimir Putin. (Foto: AFP)
Dmitry Peskov, juru bicara Presiden Rusia Vladimir Putin. (Foto: AFP)

Juru Bicara Putin Terinfeksi Covid-19

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona covid-19
Willy Haryono • 13 Mei 2020 06:35
Moskow: Juru bicara Presiden Rusia Vladimir Putin, Dmitry Peskov, dinyatakan positif virus korona (covid-19). Ia merupakan salah satu pejabat tinggi Rusia yang terinfeksi virus tersebut setelah Perdana Menteri Mikhail Mishustin.
 
Kabar terjangkitnya Peskov muncul satu hari usai Putin melonggarkan kebijakan penguncian wilayah (lockdown). Pekerja pabrik dan konstruksi di Rusia sudah diizinkan kembali bekerja pada Selasa kemarin, namun diimbau untuk tetap menerapkan pembatasan tertentu di bidang kesehatan.
 
Menjadi jubir kepresidenan sejak 2012, Peskov saat ini sedang dirawat di sebuah rumah sakit. "Iya, saya sakit. Saya sedang dirawat," ucap Peskov, dilansir dari laman BBC, Rabu 13 Mei 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


PM Rusia dinyatakan positif covid-19 dua pekan lalu. Tidak lama setelahnya, Menteri Kebudayaan Rusia Olga Lyubimova juga terinfeksi virus tersebut, yang diikuti Menteri Konstruksi Vladimir Yakushev dan salah satu wakilnya.
 
Peskov mengatakan kepada kantor berita TASS bahwa dirinya terakhir kali bertemu Putin sebulan lalu. Saat ini Putin bekerja dari kediamannya di luar Moskow, dan Kremlin mengatakan kondisi kesehatan sang presiden baik-baik saja.
 
Berdasarkan data Universitas Johns Hopkins pada Rabu ini, total kasus covid-19 di Rusia telah melampaui 232 ribu dengan 2.116 kematian dan 43.512 pasien sembuh. Angka kasus tersebut menjadikan Rusia sebagai negara dengan jumlah kasus covid-19 tertinggi kedua di dunia setelah Amerika Serikat.
 
Dalam 24 jam terakhir, Rusia mencatat adanya tambahan 10.899 infeksi covid-19. Angka kasus harian di atas 10 ribu itu telah terjadi selama sepuluh hari berturut-turut.
 
Sementara itu di kota Saint Petersburg, kebakaran di unit perawatan intensif di sebuah rumah sakit telah menewaskan lima pasien covid-19. Sebanyak 150 orang telah dievakuasi dari lokasi kejadian.
 
Kebakaran diduga dipicu rusaknya beberapa ventilator yang kelebihan beban saat digunakan untuk merawat pasien covid-19.
 
Informasi lengkap tentang perkembangan penanganan pandemi covid-19 bisa langsung diakses di sini (https://www.medcom.id/corona).
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif