Salah satu bendungan di Amerika Serikat. (Foto: MARK RALSTON/AFP/Getty)
Salah satu bendungan di Amerika Serikat. (Foto: MARK RALSTON/AFP/Getty)

Dua Bendungan Michigan Jebol, 10 Ribu Warga Dievakuasi

Internasional amerika serikat bendungan
Willy Haryono • 20 Mei 2020 20:10
Michigan: Sekitar 10 ribu warga dievakuasi dari Michigan usai dua bendungan di negara bagian Amerika Serikat tersebut jebol. Kedua bendungan jebol akibat tingginya debit air di tengah hujan deras yang terus mengguyur Michigan dalam beberapa hari terakhir.
 
Dilansir dari BBC, Rabu 20 Mei 2020, Badan Cuaca Nasional AS (NWS) mengeluarkan peringatan banjir bandang untuk beberapa area di dekat Sungai Tittabawassee usai jebolnya bendungan Edenville dan Sanford.
 
Sebagian wilayah Midland, sekitar 209 kilometer dari Detroit, diperkirakan akan diguyur hujan dengan intensitas deras. Gubernur Michigan Gretchen Whitmen telah mendeklarasikan status darurat untuk Midland County usai jebolnya kedua bendungan pada Selasa kemarin.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia mengatakan Midland, kota dengan populasi lebih dari 40 ribu jiwa, berpotensi terendam air dengan ketinggian yang belum pernah terjadi sebelumnya.
 
"Ini merupakan sesuatu yang belum pernah kita lihat di Midland County," kata Whitmer dalam sebuah konferensi pers. "Harus melewati semua ini di tengah pandemi global merupakan sesuatu yang hampir tak bisa terbayangkan," sambungnya, merujuk pada penyebaran virus korona (covid-19).
 
Warga Michigan diminta tetap mengenakan masker dan menerapkan aturan menjaga jarak sosial (social distancing) saat dievakuasi. Garda Nasional Michigan membantu upaya evakuasi warga, yang berlangsung di beberapa bagian Midland, Edenville, dan Sanford.
 
NWS menyebut situasi saat ini di Michigan "sangat berbahaya dan juga mengancam keselamatan masyarakat.
 
Dibangun di tahun 1924, Bendungan Edenville dinyatakan Michigan berada dalam kondisi tidak memuaskan pada 2018. Sementara Bendungan Sanfrod, yang dibangun di tahun 1925, dinyatakan berada dalam kondisi baik.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif