Dua warga berada di tengah rumah yang hancur akibat terjangan Badai Laura di Lake Charles, Louisiana, Jumat 28 Agustus 2020. (Foto: Andrew Caballero-Reynolds/AFP/Getty)
Dua warga berada di tengah rumah yang hancur akibat terjangan Badai Laura di Lake Charles, Louisiana, Jumat 28 Agustus 2020. (Foto: Andrew Caballero-Reynolds/AFP/Getty)

Badai Laura Tewaskan 14 Orang di AS

Internasional amerika serikat Badai Laura
Willy Haryono • 29 Agustus 2020 10:27
Louisiana: Empat orang terkonfirmasi tewas akibat terjangan Badai Laura di Amerika Serikat, Jumat 28 Agustus. Sepuluh korban berasal dari negara bagian Louisiana, dan empat lainnya di Texas.
 
Terjangan angin dengan kecepatan 240 kilometer per jam yang dibawa Laura memicu kerusakan parah. Laura juga memicu pemadaman listrik ke lebih dari 500 ribu rumah  di kedua negara bagian.
 
Gubernur Louisiana John Bei Edwards telah meminta pemerintah federal segera menyalurkan bantuan finansial untuk membantu penanganan dampak bencana. Presiden AS Donald Trump berencana mengunjungi Louisiana dan juga Texas pada Sabtu ini, 29 Agustus 2020.
 
Kekuatan Laura telah menurun menjadi level badai tropis, namun hujan deras yang dibawanya masih melanda sejumlah negara bagian.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Badai Laura adalah badai terkuat kelima dalam sejarah AS. Badai ini memicu kerusakan parah di Louisiana," kata Edwards, dilansir dari laman BBC.
 
"Ini merupakan badai terkuat yang pernah menerjang Louisiana," sambungnya.
 
Dari 10 korban tewas Laura di Louisiana, lima meninggal akibat keracunan gas karbon monoksida dari generator yang rusak, empat akibat tertimpa pohon tumbang, dan satu tenggelam.
 
Di Texas, seorang pria tewas saat sebuah pohon menimpa rumahnya. Sementara tiga korban lain meninggal akibat keracunan gas karbon monoksida di Port Arthur.
 
Menurut estimasi Palang Merah, sekitar 8.000 rumah di Louisiana dan Texas rusak akibat diterjang Badai Laura.
 
Nic Hunter, wali kota dari salah satu kota terdampak Laura di Louisiana, mengaku belum dapat memastikan kapan aliran listrik dan air bersih dapat kembali normal.
 
Laura juga menewaskan 31 orang dan membuat delapan lainnya hilang di Haiti. Lebih dari 6.000 rumah tergenang banjir yang dibawa Laura di negara tersebut.
 
Republik Dominika juga terkena dampak Laura, yang menewaskan sedikitnya empat orang. Kuba juga bernasib serupa, namun sejauh ini tidak melaporkan adanya korban jiwa.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif