Ribuan demonstran anti-vaksin berunjuk rasa di depan gedung parlemen Yunani di Athena, 14 Juli 2021. (Angelos Tzortzinis / AFP)
Ribuan demonstran anti-vaksin berunjuk rasa di depan gedung parlemen Yunani di Athena, 14 Juli 2021. (Angelos Tzortzinis / AFP)

4.000 Demonstran Yunani Protes Aturan Wajib Vaksinasi Covid-19

Internasional politik yunani covid-19 pandemi covid-19 vaksin covid-19 Vaksinasi covid-19 Vaksin Slank untuk Indonesia
Willy Haryono • 25 Juli 2021 15:04
Athena: Lebih dari 4.000 demonstran turun ke jalanan kota Athena pada Sabtu kemarin dalam memprotes aturan wajib vaksinasi Covid-19. Sesuai aturan pengendalian Covid-19 di Yunani, semua tenaga kesehatan di seantero negeri wajib mengikuti vaksinasi.
 
Aturan tersebut memicu kecaman dari sekelompok warga, yang turun ke jalanan dan terlibat bentrok dengan aparat keamanan.
 
Sebagian besar pedemo di Athena pada Sabtu kemarin berunjuk rasa secara damai. Namun situasi berubah ricuh saat segelintir orang melemparkan bom molotov ke arah polisi, yang membalas dengan tembakan meriam air dan gas air mata.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dilansir dari New York Post, Minggu, 25 Juli 2021, bentrokan pada Sabtu kemarin menandai aksi unjuk rasa masif di Yunani terkait aturan wajib vaksinasi Covid-19. Oposisi menilai mewajibkan vaksinasi bertentangan dengan kebebasan seorang warga Yunani untuk tidak menerimanya.
 
Yunani mencatat hampir 475 ribu kasus Covid-19 dengan lebih dari 12 ribu kematian sejak awal pandemi. Sejauh ini, baru 45 persen warga Yunani yang sudah mengikuti vaksinasi penuh.
 
Seperti di Yunani, demonstran di beberapa negara lain juga turun ke jalan dalam memprotes aturan Covid-19, termasuk penguncian (lockdown), surat bebas virus, dan kewajiban vaksinasi.
 
Sekitar 160 ribu orang berunjuk rasa di Prancis, meminta agar Undang-Undang Covid-19 dibatalkan. Lewat UU itu, nantinya semua warga Prancis harus bisa memperlihatkan surat bebas virus untuk bisa masuk ke restoran, teater, dan tempat publik lainnya.
 
Sementara di Australia, ribuan warga turun ke jalanan kota Sydney dalam memprotes lockdown yang tak kunjung usai sejak diterapkan empat pekan lalu.
 
Baca:  Polisi Tangkap Puluhan Warga Sydney yang Memprotes Kebijakan Lockdown

Vaksin Slank untuk Indonesia

Dalam upaya mendukung vaksinasi di Tanah Air, Media Group bersama Slank menggelorakan kampanye sosial bertajuk "Vaksin untuk Indonesia". Kampanye ini adalah upaya untuk bersama-sama bangkit dari pandemi dan memupuk optimisme menuju normal baru dengan terus menjaga kesehatan fisik dan mental. Vaksin dalam tajuk ini bukan saja berarti "obat" atau "anti-virus", tetapi juga upaya untuk menguatkan kembali mental dan spirit kita di tengah kesulitan akibat pandemi.
 
"Slank dan Media Group bikin gerakan yang bertema 'Vaksin untuk Indonesia'. Berharap lewat musik dan dialog, acara ini bisa menyemangati dampak pandemi yang mengenai kehidupan kita, supaya tetap semangat. Kita hibur supaya senang, supaya imun kita naik juga. Mengajak masyarakat untuk jangan takut untuk divaksin. Ini salah satu solusi untuk lepas dari pandemi," terang drummer Slank, Bimo Setiawan Almachzumi alias Bimbim.
 
Program "Vaksin untuk Indonesia" tayang di Metro TV setiap hari Jumat, pukul 20:05 WIB. Dalam tayangan ini, Slank bukan saja menyuguhkan musik semata, tetapi juga menampilkan perjalanan ke sejumlah tempat dan berinteraksi dengan masyarakat dari berbagai latar belakang sosial.
 
 
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif