Warga Irlandia lakukan tes swab untuk melacak penularan covid-19. Foto: AFP
Warga Irlandia lakukan tes swab untuk melacak penularan covid-19. Foto: AFP

Ribuan Turis Tiba di Irlandia dengan Hasil Tes PCR yang Tidak Memadai

Internasional Virus Korona Irlandia covid-19 tes virus korona pandemi covid-19
Fajar Nugraha • 27 Juli 2021 09:04
Dublin: Sumber Pemerintah Irlandia mengungkapkan bahwa ‘pesawat’ dipenuhi penumpang yang terinfeksi virus korona, terbang ke negara itu sebelum segera dinyatakan positif covid-19. Ini melanggar ketentuan untuk masuk ke Irlandia, penumpang harus menunjukkan bukti tes PCR negatif sebelum bepergian.
 
Tetapi diduga bahwa banyak kedatangan telah melakukan tes yang tidak selalu mendeteksi covid-19 untuk mendapatkan akses ke negara itu.
 
"Saya tahu mereka terbang dengan pesawat berisi orang yang terinfeksi," kata seorang sumber senior Pemerintah Irlandia, seperti dikutip Irish Post, Selasa 27 Juli 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Orang-orang ini, mereka semua datang dengan hasil tes negatif. Tidak mungkin Anda bisa membawa banyak orang ke dalam pesawat, dan mereka semua batuk dan mengoceh di pesawat dengan tes PCR negatif,” ujarnya.
 
“Mereka melakukan tes PCR di (Spanyol) karena mereka harus melakukannya di sana, tetapi jelas Anda (harus) mempertanyakan kualitas tes PCR,” sebut pejabat yang enggan disebutkan namanya itu.
 
"Itu sampai pada tahap bahwa tidak ada yang memperhatikan tes ini, orang-orang berkata, 'Ketika kami masuk dalam penerbangan, kami memiliki tes negatif’. Tetapi mereka mungkin juga mengatakan bahwa mereka baru memakan es krim, karena itu membuat mereka seperti memilki gejala,” imbuhnya.
 
"Anda mungkin memiliki satu atau dua orang yang bergejala dan mereka tidak dites positif pada tes. Tetapi untuk memiliki setengah dari orang yang datang, mereka tidak semuanya gagal dalam tes PCR,” ungkapnya.
 
"Hanya tes kualitas yang buruk. Tes PCR adalah tes standar tetapi semuanya tergantung pada kualitas swab. Itu kelemahan tes PCR,” tegasnya.
 
Itu terjadi setelah Health Service Executice (HSE) mengungkapkan bahwa hampir seribu kasus covid-19 yang terdeteksi di Irlandia pada Juli telah dikaitkan dengan perjalanan.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif