Kapal pesiar Zaandam dari perusahaan Holland America Line. (Foto: AFP PHOTO/Luis Acosta)
Kapal pesiar Zaandam dari perusahaan Holland America Line. (Foto: AFP PHOTO/Luis Acosta)

Kapal Pesiar Zaandam Diizinkan Lewati Kanal Panama

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona covid-19 Berita Virus Corona Hari Ini
Arpan Rahman • 29 Maret 2020 18:00
Panama City: Kapal pesiar Zaandam yang sedang berjuang menghadapi wabah virus korona (covid-19) akan diizinkan berlayar melewati kanal di perairan Panama. Kapal tersebut terombang-ambing di lepas pantai Panama karena sejumlah negara Amerika Latin menolak mengizinkannya berlabuh.
 
Meski diizinkan melewati kanal Panama, belum diketahui negara mana yang akan mengizinkan Zaandam berlabuh.
 
Empat penumpang tewas dan puluhan lainnya jatuh sakit di Zaandam. Sejauh ini, kasus kasus positif covid-19 terdeteksi di Zaandam, meski belum dapat dipastikan apakah terkait dengan kematian keempat penumpang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sabtu malam kemarin, Pemerintah Panama akhirnya mengizinkan Zaandam berlayar melewati kanal atas "alasan kemanusiaan." Kapal dari perusahaan America Line itu diizinkan berlayar menuju Fort Lauderdale, Florida, Amerika Serikat, sesuai jadwal semula.
 
Perwakilan Fort Lauderdale belum dapat mengonfirmasi apakah Zaandam akan diizinkan berlabuh. Di dalam kapal tersebut terdapat ratusan orang lanjut usia asal Inggris, AS dan juga Australia.
 
"Saya belum menerima kabar apapun," kata komisioner daerah Broward, Michael Udine, yang mengekspresikan kekhawatirannya mengenai Zaandam.
 
"(Kedatangan Zaandam) itu harus dikonfirmasi terlebih dahulu melalui Komando Terpadu di pelabuhan," ungkapnya, merujuk pada sejumlah otoritas yang meliputi Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), Penjaga Pantai AS, dan Departemen Kesehatan Florida.
 
"Jika kapal tersebut tiba di sini, maka akan menimbulkan banyak tekanan terhadap sistem kesehatan lokal kami," ucapnya, dinukil dari Guardian, Minggu 29 Maret 2020.
 
Pekan ini, Holland America telah mengerahkan sebuah kapal lain untuk bertemu Zaandam dan menyalurkan pasokan medis untuk memeriksa semua penumpang dan kru atas kemungkinan terjangkit covid-19.
 
Dalam pernyataan pada Jumat kemarin, Holland America mengatakan bahwa kapal Rotterdam telah bertemu Zaandam pada Kamis 26 Maret. Holland America mengaku telah memindahkan para penumpang Zaandam yang sehat ke Rotterdam.
 
Sejauh ini, dua orang di Zaandam telah dinyatakan positif mengidap covid-19. Sementara 53 penumpang dan 85 kru telah dipindahkan ke area medis di dalam Zaandam untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.
 
Bertolak dari Buenos Aires pada 7 Maret, Zaandam dijadwalkan tiba San Antonio, Chile, pada 21 Maret lalu. Namun karena kemunculan covid-19, tidak ada satu pun orang yang turun dari Zaandam sejak 14 Maret kecuali mereka yang dipindahkan ke Rotterdam.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif