Kapal pesiar Zaandam berada di lepas pantai Panama, 27 Maret 2020. (Foto: AFP)
Kapal pesiar Zaandam berada di lepas pantai Panama, 27 Maret 2020. (Foto: AFP)

Kapal Pesiar Zaandam Deteksi Covid-19, 4 Orang Tewas

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona covid-19 Berita Virus Corona Hari Ini
Willy Haryono • 28 Maret 2020 09:42
New York: Perusahaan Holland America Line melaporkan adanya empat penumpang yang tewas di kapal pesiar Zaandam. Kematian dilaporkan saat sedikitnya dua kasus virus korona (covid-19) terdeteksi di dalam kapal.
 
Dikutip dari Japan Times, Sabtu 28 Maret 2020, Holland America mengatakan keempat penumpang merupakan "orang lanjut usia," namun tidak mengatakan apakah mereka meninggal akibat covid-19 atau ada penyebab lain.
 
Zaandam masih berada di laut lepas saat Presiden Amerika Serikat Donald Trump meminta sejumlah perusahaan kapal pesiar untuk menghentikan pelayaran di tengah pandemi covid-19.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pekan ini, Holland America telah mengerahkan sebuah kapal lain untuk bertemu Zaandam dan menyalurkan pasokan medis untuk memeriksa semua penumpang dan kru atas kemungkinan terjangkit covid-19.
 
Dalam pernyataan pada Jumat kemarin, Holland America mengatakan bahwa kapal Rotterdam telah bertemu Zaandam pada Kamis 26 Maret. Holland America mengaku telah memindahkan para penumpang Zaandam yang sehat ke Rotterdam.
 
Sejauh ini, dua orang di Zaandam telah dinyatakan positif mengidap covid-19. Sementara 53 penumpang dan 85 kru telah dipindahkan ke area medis di dalam Zaandam untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.
 
Bertolak dari Buenos Aires pada 7 Maret, Zaandam dijadwalkan tiba San Antonio, Chile, pada 21 Maret lalu. Namun karena kemunculan covid-19, tidak ada satu pun orang yang turun dari Zaandam sejak 14 Maret kecuali mereka yang dipindahkan ke Rotterdam.
 
Saat ini Zaandam berada di lepas pantai Panama bersama Rotterdam, dan keduanya dijadwalkan berlayar ke Fort Lauderdale, Florida, Amerika Serikat.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif