Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador. (Foto: PEDRO PARDO/AFP/Getty)
Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador. (Foto: PEDRO PARDO/AFP/Getty)

Presiden Meksiko Lakukan Tur Domestik di Tengah Pandemi

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona covid-19 Berita Virus Corona Hari Ini
Willy Haryono • 28 Maret 2020 11:01
Mexico City: Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador mengaku akan tetap menjalankan tur domestik dalam rangka mengawasi jalannya proyeksi infrastruktur di seantero negeri. Tur tetap dilanjutkan meski pandemi virus korona (covid-19) melanda lebih dari 190 negara, termasuk Meksiko.
 
Dilansir dari Guardian, Sabtu 28 Maret 2020, Lopez Obrador menggunakan pesawat komersial dan terbang menuju negara bagian Nayarit. Dari sana, ia bertolak menuju negara bagian Baja California yang berbatasan dengan Amerika Serikat.
 
Nantinya, Lopez Obrador akan menghabiskan akhir pekan di Sinaloa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lopez Obrador menegaskan dirinya tidak mau ada orang-orang berkerumun di bandara untuk menyambut kedatangan dirinya. Ia juga menolak berjabat tangan atau melakukan swafoto dengan siapapun.
 
Akhir pekan kemarin, Lopez Obrador dikritik saat berhenti sejenak di sebuah rumah makan di negara bagian Oaxaca. Di sana, ia menyerukan kepada semua warga Meksiko untuk tetap datang ke rumah makan dan restoran seperti biasa meski pandemi covid-19 masih berlangsung.
 
Jumat kemarin, Lope Obrador mengaku akan mengevaluasi kembali situasi di Meksiko terkait pandemi covid-19. Namun saat ini, ia mengaku akan tetap melanjutkan tur domestik sesuai rencana.
 
Meksiko mencatat total 717 kasus covid-19 dengan 12 kematian hingga Jumat malam.
 
Masih dari Meksiko, Gubernur negara bagian Puebla, Luis Miguel Barbosa, mengklaim bahwa warga miskin kebal terhadap covid-19. Komentar Barbosa didasarkan pada pernyataan seorang pejabat yang menyatakan bahwa sebagian besar kasus covid-19 di Meksiko memiliki riwayat perjalanan luar negeri.
 
Karena perjalanan internasional umumnya dilakukan oleh orang kaya, Barbosa mengklaim bahwa orang miskin kebal terhadap virus.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif