Kandidat capres Demokrat Joe Biden. (Foto: AFP.)
Kandidat capres Demokrat Joe Biden. (Foto: AFP.)

Joe Biden Sapu Bersih Tujuh Pemilu Pendahuluan

Internasional Kematian George Floyd
Willy Haryono • 03 Juni 2020 18:03
Washington: Kandidat calon presiden Amerika Serikat Joe Biden menyapu bersih tujuh pemilihan umum pendahuluan (primary) Partai Demokrat pada Selasa 2 Juni. Pemilu pendahuluan digelar di tengah berkobarnya gelombang aksi unjuk rasa mengecam kematian George Floyd.
 
Kemenangan mutlak Biden bukan merupakan kejutan karena mantan wakil presiden AS itu tidak memiliki oposisi aktif di internal partai.
 
Dikutip dari New York Post, Rabu 3 Juni 2020, kemenangan Biden di tujuh pemilu pendahuluan menjadikan dirinya selangkah lagi menuju nominasi Demokrat pada musim panas tahun ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tujuh pemilu pendahuluan pada Selasa ini menjadikan Biden hanya kurang sedikit dari target 1.991 delegasi. Angka tersebut merupakan syarat minimal bagi seorang politikus Demokrat untuk mengikuti nominasi capres.
 
Pemilu pendahuluan di Georgia dan West Virginia pekan mendatang hampir dapat dipastikan akan membuat jumlah delegasi Biden melampaui target.
 
Dalam pemilu pendahuluan pada Selasa ini, Pennsylvania diyakini menyumbang delegasi terbanyak bagi Biden. Enam wilayah lain yang turut menyumbang delegasi bagi Biden adalah Maryland, Indiana, Rhode Island, New Mexico, Montana, dan South Dakota.
 
Selain di tujuh wilayah tersebut, warga di Distrik Columbia juga turut mengikuti pemilu pendahuluan Demokrat.
 
Biden hampir dipastikan akan menjadi penantang petahana Donald Trump dalam pemilihan umum presiden pada November mendatang. Sejak meletusnya gelombang aksi protes Floyd, Biden sering tampil di publik dan melontarkan berbagai pernyataan.
 
Salah satu pernyataan terbaru Biden ditujukan kepada Trump, yang menilainya sebagai bagian dari masalah "rasisme" akut di Negeri Paman Sam. Floyd adalah pria kulit hitam yang meninggal usai lehernya ditindih lutut seorang polisi kulit putih bernama Derek Chauvin di Minneapolis pada Senin 25 Mei.
 
Kematian Floyd memicu gelombang protes masif di seantero AS, termasuk ibu kota Washington DC.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif