Aksi unjuk rasa pekerja di bandara Roissy-Charles-de-Gaulle di Paris, Prancis, 1 Juli 2022. (AFP)
Aksi unjuk rasa pekerja di bandara Roissy-Charles-de-Gaulle di Paris, Prancis, 1 Juli 2022. (AFP)

Pekerja di Bandara Tersibuk Prancis Berunjuk Rasa, Puluhan Penerbangan Dibatalkan

Willy Haryono • 02 Juli 2022 15:22
Paris: Puluhan penerbangan di bandara tersibuk di Prancis dibatalkan sejak Jumat hingga Sabtu ini, 2 Juli 2022, yang dipicu perseteruan terkait masalah upah dan kondisi lingkungan kerja. Unjuk rasa ini terjadi di kalangan petugas pemadam kebakaran area bandara.
 
Jumat kemarin, sekitar 100 dari 1.300 penerbangan di bandara Roissy-Charles-de-Gaulle di Paris dibatalkan. Sementara bandara besar lainnya di Paris, Orly, tidak terdampak.
 
"Aksi protes berlanjut di kalangan petugas pemadam, yang tidak puas dengan proposal manajemen mengenai kenaikan upah mereka," kata kepala serikat pekerja Daniel Bertone, dikutip dari euronews.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Unjuk rasa petugas pemadam kebakaran diikuti pekerja dan subkontraktor dari perusahaan manajemen bandara ADP sebagai bagian dari aksi lintas serikat pekerja yang menuntut perbaikan upah dan kondisi lingkungan kerja.
 
Negosiasi kedua pihak pada Jumat kemarin berakhir gagal, sehingga ada risiko terjadinya aksi mogok kerja pada akhir pekan mendatang, di awal liburan musim panas.
 
Maskapai Air France sudah mengumumkan rencana membatalkan 10 persen dari total penerbangan jarak pendek dan menengah mereka pada Sabtu ini. Penerbangan jarak jauh tidak terdampak.
 
Para pekerja meminta kenaikan upah sebesar 6 persen demi mengimbangi laju inflasi. Namun manajemen hanya menawarkan 4 persen dimulai sejak 1 Juli.
 
Serikat-serikat pekerja menyebut tawaran tersebut tidak sejalan dengan pengurangan gaji 5 persen yang sudah disepakati para karyawan terkait skema pemangkasan biaya operasional selama pandemi Covid-19 di periode 2021-2022.
 
Juru bicara ADP mengatakan negosiasi belum berhasil, namun dialog sosial masih terbuka.
 
Sementara jubir pemerintah Prancis, Olivia Gregoire, mengatakan pada Jumat kemarin bahwa pihaknya akan "terus berdiskusi dengan para serikat untuk mencari solusi" dari krisis saat ini.
 
Baca:  Petugas Menara Pengawas Mogok, Ratusan Penerbangan Dibatalkan
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif