Inggris masih menerapkan aturan ketat pembatasan jarak sosial hadapi virus korona. Foto: AFP
Inggris masih menerapkan aturan ketat pembatasan jarak sosial hadapi virus korona. Foto: AFP

Peneliti Inggris Temukan Obat Semprot Hidung Pencegah Covid-19

Internasional Virus Korona inggris covid-19 pandemi covid-19
Fajar Nugraha • 26 Januari 2021 09:28
London: Para peneliti di Inggris telah mengembangkan obat semprot hidung yang dapat mencegah infeksi covid-19 hingga dua hari. Obat virus korona ini dikabarkan akan tersedia di apotek dalam beberapa bulan.
 
Semprotan hidung terbuat dari bahan yang telah disetujui untuk penggunaan medis. Artinya tidak memerlukan persetujuan lebih lanjut untuk digunakan.
 
Para ilmuwan di University of Birmingham telah mengembangkan semprotan -,yang saat ini tidak disebutkan namanya,- sejak April tahun lalu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berbicara kepada The Sunday Telegraph, peneliti utama Dr Richard Moakes mengatakan, yakin semprotan itu dapat membantu mencabut batasan jarak sosial dan membuka kembali sekolah.
 
“Sebagai produk yang dijual bebas, kami telah berbicara dengan perusahaan eceran karena kami pikir mereka dapat mendistribusikannya secara efektif,” ujar Dr Moakes, seperti dikutip dari The Sunday Telegraph, Selasa 26 Januari 2021.
 
"Tujuan kami adalah membuat dampak secepat mungkin. Kami sangat ingin melihat ini keluar pada musim panas,” imbuh Moakes.
 
Semprotan tersebut mencegah infeksi dengan menangkap virus di hidung dan melapisinya. Ini berarti virus tidak dapat melarikan diri dan menjadikannya tidak aktif dan tidak berbahaya.
 
Para peneliti percaya menggunakan semprotan empat kali sehari sudah cukup untuk perlindungan umum. Namun, cukup aman untuk diterapkan setiap 20 menit jika diperlukan, misalnya jika pengguna berada di lingkungan berisiko tinggi.
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif