WHO keluarkan dana baru untuk lawan covid-19. Foto: AFP
WHO keluarkan dana baru untuk lawan covid-19. Foto: AFP

WHO Keluarkan Dana Baru Sebesar USD1 Miliar Untuk Lawan Covid-19

Internasional WHO covid-19
Fajar Nugraha • 01 Oktober 2020 06:10
New York: Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan mengeluarkan dana baru sebesar USD1 miliar untuk memerangi pandemi virus korona. WHO ingin memastikan negara miskin mendapatkan perawatan dan vaksin untuk melawan covid-19.
 
Sebanyak 16 perusahaan farmasi besar berjanji untuk bekerja sama dengan Bill & Melinda Gates Foundation untuk meningkatkan produksi dan memastikan semua negara memiliki akses ke tes, terapi, dan vaksin covid-19 yang terjangkau.
 
“Perusahaan kami akan menyumbangkan hingga 500 juta dosis vaksin covid-19, jika terbukti aman dan efektif. Vaksin akan dikeluarkan sekitar pertengahan tahun depan untuk negara-negara berkembang,” ujar CEO Johnson & Johnson Alex Gorsky, seperti dikutip PBS, Kamis 1 Oktober 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Johnson & Johnson pengujian tahap akhir vaksin dimulai minggu lalu. Vaksin dari Johnson & Johnson merupakan salah satu dari belasan vaksin potensial yang dinanti saat ini.
 
WHO dan mitra lainnya mengatakan tambahan USD35 miliar diperlukan untuk mendanai upaya terencana oleh Access to COVID-19 Tools Accelerator. Sekitar USD15 miliar dari jumlah itu dibutuhkan hingga akhir tahun untuk mendanai penelitian, pembuatan, pembelian obat-obatan dan vaksin, serta distribusi.
 
Akselerator memiliki tujuan untuk menghasilkan 2 miliar dosis vaksin, 245 juta perawatan covid-19, dan 500 juta tes, dan mendistribusikannya di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah.
 
WHO mencatat bahwa Kanada, Jerman, Swedia, Inggris Raya dan Bank Dunia baru-baru ini menjanjikan sekitar USD946 juta untuk membantu negara-negara tersebut memerangi pandemi.

 
(REN)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif