Ilustrasi Turki/AFP
Ilustrasi Turki/AFP

Peringati International Mother's Day, Lembaga Advokasi Turki Kirim 5 Ribu Bunga

Internasional politik turki turki hari perempuan sedunia
M Sholahadhin Azhar • 09 Mei 2021 23:01
Washington: Lembaga advokasi hak asasi manusia (HAM) dan sipil, Advocates of Silenced Turkey (AST), menyuarakan aspirasi perempuan teraniaya. Mereka mengirimkan 5 ribu bunga pada pemimpin perempuan di dunia pada peringatan international mother's day hari ini, 9 Mei 2021.
 
"Sebanyak 5 ribu surat dan bunga untuk 5 ribu pemimpin wanita di seluruh dunia mewakili suara bagi ribuan ibu yang teraniaya di Turki," seperti dikutip dari lama resmi AST, Minggu, 9 Mei 2021.
 
Target peyampaian aspirasi supaya suara perempuan Turki didengar pemimpin perempuan di Amerika, Brasil, Albania, Eropa, dan Asia. Selain itu, AST juga mengirimkan surat dari perempuan Turki ke mereka.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Salah satu surat yang dikirimkan berasal dari Sacide Bozan, pekerja perempuan di Kementerian Pendidikan Nasional Turki yang diberhentikan dari pekerjaannya.
 
Bozan terdampak aturan Presiden Recep Tayyip Erdogan yang menentang gerakan Gulen sebagai inisiator kudeta pada 2016. Bozan menjalani proses hukum selama 3 tahun, dan suaminya yang berprofesi sebagai guru, ditahan 3 tahun atas tuduhan serupa.
 
"Para ibu harus membayar harga konflik dan penindasan dengan lebih keras," demikian dikutip dari laman AST.
 
Penindasan diklaim diawali kudeta gagal di Turki pada Juli 2016, yang disebut-sebut diikuti propaganda. Hal itu dikatakan AST melipatgandakan beban perempuan di sana. Tak sedikit yang mendapat stigma negatif dan menanggung beban moral.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif