Menteri Perdagangan Turki Ruhsar Pekcan saat berada di Ankara pada 10 September 2019. (Adem ALTAN / AFP)
Menteri Perdagangan Turki Ruhsar Pekcan saat berada di Ankara pada 10 September 2019. (Adem ALTAN / AFP)

Erdogan Pecat Menteri Perdagangan atas Dugaan Nepotisme

Internasional politik turki turki Recep Tayyip Erdogan
Willy Haryono • 21 April 2021 15:09
Ankara: Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan memecat Menteri Perdagangan Ruhsar Pekcan setelah kementerian yang dipimpinnya memberikan sebuah kontrak ke perusahaan keluarga. Dalam sebuah dekrit presiden yang diberitakan Official Gazette pada Rabu, 21 April 2021, Erdogan telah mengganti Pekan dengan Mehmet Mus, seorang kepala deputi dari partai berkuasa AKP.
 
Erdogan tidak menyebutkan secara tertulis alasan di balik pemecatan Pekcan.
 
Kementerian Perdagangan Turki diketahui telah memberikan sebuah kontrak disinfektan ke perusahaan yang dijalankan suami Pekcan. Pihak kementerian membela keputusan Pekcan, dengan mengatakan bahwa kontrak diberikan ke penawar terendah, terlepas dari siapapun pemilik perusahaan tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jumat kemarin. saluran televisi Oda TV melaporkan bahwa Kemendag Turki telah membeli disinfektan senilai USD930 ribu dari dua perusahaan yang salah satunya dijalani Pekcan bersama suaminya, Hasan.
 
Badan pengawas internasional Transparency International mendefinisikan nepotisme sebagai praktik mengeksploitasi wewenang dalam memberikan pekerjaan atau kemudahan kepada anggota keluarga atau teman. Transparency International menyebut nepotisme salah satu bentuk dari korupsi.
 
Pekcan, seorang mantan bankir investasi, menjadi menteri pada Juli 2018.
 
Sejumlah kritikus pemerintahan Turki pernah menuduh Erdogan melakukan nepotisme. Pada 2018, Erdogan menunjuk anak menantunya, Berat Albayrak, untuk menjabat Menteri Keuangan Turki. Penunjukan itu memicu kecaman di kalangan oposisi, yang menuduh Erdogan berusaha menguasai institusi ekonomi dan keuangan negara.
 
Baca:  Erdogan Tuding 104 Pensiunan Militer Rencanakan Kudeta Politik
 
Albayrak mengundurkan diri pada November lalu, dan tidak terlihat lagi di ruang publik hingga saat ini.
 
Selain Pekcan, Erdogan juga telah memecat Menteri Keluarga dan Tenaga Kerja Turki, Zehra Zumrut Selcuk. Ia juga memecah kementerian tersebut menjadi dua, yakni Kementerian Keluarga dan Kementerian Tenaga Kerja.
 
Derya Yanik ditunjuk Erdogan sebagai menteri keluarga, sementara menteri tenaga kerja dipercayakan kepada mantan sang presiden, Vedat Bilgin.
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif