Sekelompok WNI memperlihatkan soft copy dari KTP mereka di KJRI Chicago, Amerika Serikat, 5 Desember 2021. (KJRI Chicago)
Sekelompok WNI memperlihatkan soft copy dari KTP mereka di KJRI Chicago, Amerika Serikat, 5 Desember 2021. (KJRI Chicago)

Dua Menit! Proses Dapatkan KTP Elektronik bagi WNI di Luar Negeri

Internasional indonesia-as wni ktp KJRI Chicago
Willy Haryono • 06 Desember 2021 18:00
Chicago: Ada kabar gembira untuk warga negara Indonesia (WNI) di luar negeri, khususnya mereka yang tinggal di wilayah kerja KJRI Chicago. Jika dahulu membuat Kartu Tanda Penduduk (KTP) harus kembali ke dalam negeri, kini layanan administrasi kependudukan membuat WNI bisa membuatnya di perwakilan RI mana pun di luar negeri.
 
Hal ini sangat membantu WNI yang sudah bertahun-tahun tidak pulang ke Indonesia, tapi masih tercatat sebagai WNI. KTP adalah dokumen paling vital bagi WNI. Mau mengurus apa pun di dalam negeri, wajib mempunyai KTP.
 
Untuk mendemonstrasikan mudahnya mendapatkan KTP, tim KJRI Chicago langsung memberikan pelayanan pembuatan KTP bagi beberapa wakil masyarakat yang hadir. Perekaman sidik jari, biometric dan foto dilakukan dalam hitungan menit. Kemudian, KTP dikirimkan dalam bentuk soft copy ke WNI yang bersangkutan. Hanya 1-2 menit, proses sudah selesai.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Beberapa WNI yang hadir mengungkapkan rasa bahagia mereka setelah mendapatkan KTP. Beberapa terlihat begitu terharu. Tak heran, sudah berapa puluh tahun mereka tidak mempunyai KTP.
 
Inovasi ini disampaikan oleh Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri, Zudan Arif Fakhrulloh serta Dirjen Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Neger Andy Rachmianto dalam Sosialisasi Publik tentang Lapor Diri dan Layanan Kependudukan dan Pencatatan Sipil di KJRI Chicago pada hari Minggu kemarin.
 
Prof. Zudan menekankan bahwa WNI di luar negeri harus melaporkan keberadaannya di Perwakilan RI terdekat. Pendataan tersebut mutlak dibutuhkan untuk membangun data kependudukan nasional.
 
"Presiden Jokowi telah meluncurkan portal Peduli WNI di Seoul, Korea Selatan, dan sekaligus layanan administrasi kependudukan (Adminduk). Kenapa portal peduli dibangun? Tentunya untuk mempermudah warga agar bisa melakukan lapor diri secara online dari manapun," jelas Dirjen Zudan, dalam keterangan tertulis KJRI Chicago yang diterima Medcom.id, Senin, 6 Desember 2021.
 
Dirjen Andy Rahmianto menekankan arti penting Lapor Diri melalui Portal Peduli WNI untuk mendapatkan layanan dan pelindungan dari Perwakilan RI.
 
"Kenapa lapor diri? Tidak hanya untuk mengurus paspor atau surat keterangan, lapor diri juga bermanfaat untuk mendapatkan layanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil seperti penerbitan akta, surat keterangan, dan Nomor Induk Tunggal (NIT). Dengan melakukan lapor diri yang untung juga WNI. Kalau terkena masalah, kami sudah ada datanya. Jika ingin memberikan bantuan sembako dan obat seperti di awal pandemi, kami tahu berapa paket yang harus disiapkan," demikian ungkap Dirjen Andy.
 
Konjen RI Chicago Meri Binsar Simorangkir juga sangat mengapresiasi kehadiran tim Protokol dan Konsuler Kemenlu dan Dukcapil Kemdagri yang datang melakukan asistensi pendataan WNI di Chicago.
 
"Dengan program ini maka WNI yang berada di AS khususnya di Midwest tidak perlu jauh-jauh pergi ke Indonesia untuk membuat NIT, hal ini dapat dilakukan di KJRI Chicago dengan cepat dan mudah," sebut Meri.
 
Program Sosialisasi ini dilakukan oleh Kemenlu bekerja sama dengan Kemendagri dan KJRI Chicago dalam rangka persiapan pembangunan data awal pemilih luar negeri menuju Pemilu 2024. Ditargetkan data awal pemilih luar negeri dapat diserahkan kepada KPU pada Oktober 2022 mendatang.
 
Baca:  KJRI Chicago Inisiasi Pembukaan Peluang bagi Diaspora Pebisnis di AS

 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif