Petahana PM Justin Trudeau melakukan kampanye. Foto: AFP.
Petahana PM Justin Trudeau melakukan kampanye. Foto: AFP.

Warga Kanada Mulai Penuhi Tempat Pemungutan Suara

Internasional politik kanada kanada Justin Trudeau Pemilu Kanada 2021
Marcheilla Ariesta • 20 September 2021 23:28
Ottawa: Warga Kanada berbondong-bondong menuju tempat pemungutan suara untuk memilih pemimpin mereka berikutnya. Selama lebih dari sebulan, para pemimpin federal melakukan perjalanan ke seluruh negeri.
 
Setelah mendapat restu dari Gubernur Jenderal Mary May Simon, Perdana Menteri Justin Trudeau membubarkan Parlemen pada 15 Agustus. Ia membawa warga Kanada kepada pemilihan umum yang sedianya dilakukan pada 16 Oktober 2023 mendatang.
 
Pemimpin oposisi mengkritik keputusan Trudeau tersebut. Mereka menuduhnya berusaha mengamankan mayoritas untuk partai.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pemimpin Partai Konservatif Erin O'Toole mempertanyakan mengapa pemilihan diadakan selama gelombang keempat covid-19. Trudeau membela keputusannya dan mengatakan pemilihan diperlukan bagi warga Kanada untuk memilih bagaimana mereka “ingin mengakhiri” pandemi dengan pemerintah yang mereka pilih.
 
Sekitar 6,8 juta orang Kanada telah memberikan suara. Mayoritas dari mereka melakukannya melalui pemungutan suara lanjutan 10-13 September.
 
Sisanya melalui pemungutan suara khusus baik melalui surat atau secara langsung di kantor Pemilu Kanada. Sekitar 30 juta pemilih yang memenuhi syarat dapat memberikan suara mereka pada Senin, 20 September 2021.
 
"Jam pemungutan suara pada hari pemilihan diatur sedemikian rupa sehingga mayoritas hasil datang pada waktu yang hampir bersamaan di seluruh negeri," kata Elections Canada, dilansir dari Global Times.
 
Baca juga: Pertaruhan Terakhir Justin Trudeau di Pemilu Kanada
 
Pemilih diwajibkan memakai masker. Aturan pembuktian vaksinasi tidak berlaku di tempat pemungutan suara di provinsi manapun.
 
Pemenang pemilihan ini akan ditentukan di akhir hari. Namun, Elections Canda memperingatkan diperlukan waktu hingga empat hari untuk menyelesaikan penghitungan surat suara khusus.
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif