Salah seorang demonstran membawa foto Breonna Taylor dalam aksi Black Lives Matter di California, AS. (Foto: Robyn Beck/AFP)
Salah seorang demonstran membawa foto Breonna Taylor dalam aksi Black Lives Matter di California, AS. (Foto: Robyn Beck/AFP)

Satu Orang Tewas dalam Demo Kematian Breonna Taylor

Internasional Kematian George Floyd
Willy Haryono • 28 Juni 2020 12:33
Louisville: Satu orang tewas ditembak dan satu lainnya terluka dalam aksi protes mengecam kematian Breonna Taylor di Jefferson Square Park, Louisville, Kentucky, Amerika Serikat, pada Sabtu 27 Juni 2020 malam waktu setempat. Taylor adalah perempuan kulit hitam yang tewas ditembak polisi AS pada 13 Maret 2020.
 
Aksi protes mengecam kematian Taylor ini merupakan kelanjutan dari gelombang demonstrasi masif yang dipicu tewasnya George Floyd.
 
Dikutip dari New York Times, video di media sosial memperlihatkan seorang pria berdiri di ujung taman Jefferson Square Park dan melepaskan lebih dari 12 tembakan. Aksi tersebut membuat para demonstran berpencar ke berbagai arah dalam mencari perlindungan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Satu orang tewas di lokasi penembakan, dan satu korban luka ditemukan di wilayah Hall of Justice. Kepolisian Louisville mengatakan, luka yang dialami korban tidak mengancam keselamatan jiwanya.
 
Kepolisian telah menyisir keseluruhan taman untuk menginvestigasi penembakan. "Para detektif berusaha mengumpulkan sebanyak mungkin informasi untuk mengidentifikasi semua yang terlibat dalam insiden," ujar Kepolisian Louisville. Sejauh ini aparat belum melakukan penangkapan apapun.
 
Louisville merupakan salah satu pusat aksi protes menentang aksi kekerasan polisi usai tewasnya Floyd pada 25 Mei.
 
Kematian Floyd memperbarui fokus demonstran terhadap Taylor, yang tewas ditembak polisi saat berada di dalam apartemennya sendiri. Saat polisi masuk ke apartemen Taylor untuk menggeledah tanpa mengetuk pintu terlebih dahulu, baku tembak terjadi antara aparat dan pacar Taylor, Kenneth Walker.
 
Kala itu Walker berpikir sekelompok polisi itu adalah penyusup atau perampok. Dalam baku tembak, Taylor terkena delapan tembakan.
 

(WIL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif