Petugas medis menangani seorang pasien covid-19. (Foto: Hector Retamal/AFP)
Petugas medis menangani seorang pasien covid-19. (Foto: Hector Retamal/AFP)

Kasus Global Covid-19 Lampaui 10 Juta, Kematian 500 Ribu

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona covid-19
Willy Haryono • 29 Juni 2020 06:32
Maryland: Universitas Johns Hopkins mencatat jumlah kasus virus korona (covid-19) di kancah global telah melampaui 10 juta, dengan angka kematian mencapai lebih dari 500 ribu pada Senin 29 Juni 2020. Separuh dari total kasus ini berasal dari Amerika Serikat dan Eropa.
 
Dikutip dari BBC, covid-19 kini mulai menyebar secara cepat di benua Amerika, Asia Selatan, dan juga Afrika. Dalam enam hari terakhir, tercatat ada akumulasi lebih dari satu juta kasus.
 
AS masih berada di peringkat pertama global dengan lebih dari 2,5 juta infeksi covid-19, 125.768 kematian dan 685.164 pasien sembuh. Lonjakan kasus masih terjadi di AS, terutama usai beberapa negara bagian mulai membuka kembali perekonomian mereka.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Lonjakan kasus membuat pemerintah Texas, Florida, dan beberapa negara bagian lainnya memperketat kembali sejumlah pembatasan terhadap kegiatan perekonomian.
 
Statistik dari sejumlah negara menunjukkan bahwa orang dari etnis kulit hitam dan Asia lebih rentan terkena gejala parah covid-19 ketimbang orang kulit putih.
 
Negara dengan angka kasus covid-19 tertinggi kedua di dunia adalah Brasil, dengan total melampaui 1,3 juta dan 57 ribu lebih kematian. Meski terjadi gelombang baru infeksi covid-19, negara bagian Rio de Janeiro berencana membuka kembali sejumlah stadion sepak bola mulai 10 Juli mendatang.
 
Sementara itu pada Minggu kemarin, Tiongkok memberlakukan kebijakan penguncian wilayah (lockdown) di wilayah Anxin dekat Beijing untuk menekan merebaknya wabah terbaru. Hampir setengah juta warga Anxin dilarang keluar masuk untuk jangka waktu yang belum ditentukan.
 
Di Inggris, pemerintah berencana menerapkan lockdown lokal usai terjadinya lonjakan kasus covid-19 di kota Leicester.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif