PETJ menyerahkan bantuan kepada masyarakat Indonesia terdampak covid-19. (Foto: Andi Tinellung)
PETJ menyerahkan bantuan kepada masyarakat Indonesia terdampak covid-19. (Foto: Andi Tinellung)

PETJ Bagikan Paket Sembako ke Warga Terdampak Covid-19

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona covid-19
Andi Tinellung • 27 Mei 2020 06:50
Bantul: Pandemi virus korona (covid-19) mengakibatkan sebagian masyarakat Indonesia kehilangan mata pencaharian, yang juga membuat jumlah warga miskin semakin bertambah. Bertolak dari keadaan ini dan menyaksikan kurang meratanya pembagian bantuan sosial dari pemerintah Indonesia, Perhimpunan Eropa untuk Indonesia Maju (PETJ) tergerak untuk berpartisipasi dalam meringankan beban sebagian kelompok masyarakat tersebut.
 
"Sekecil-kecilnya bantuan bila tepat sasaran maka akan sangat berguna," jelas Ketua Umum PETJ, Ari Manik dalam keterangan tertulisnya kepada Medcom.id.
 
Selanjutnya Ari menjelaskan bahwa warga Indonesia di Eropa dari 9 negara telah berhasil mengumpulkan donasi sebesar Rp98 juta yang dilakukan sejak 13 sampai 30 April 2020. Donasi ini disalurkan ke Indonesia dalam bentuk 530 paket sembako.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Total ada 2,7 ton berisikan beras, minyak goreng, gula pasir, terpung terigu, kecap, teh dan telur serta uang tunai. Penyaluran tersebut dipimpin langsung oleh Sekretaris Jenderal PETJ, M. Subkhi Ridho dengan mendatangi rumah-rumah warga di desa Panggungharjo, Kecamatan Sewon, Bantul dan sekitarnya.
 
Bantuan tersebut didistribusikan sejak 12-22 Mei 2020. Sebagian besar penerima bantuan adalah guru-guru honorer, buruh harian lepas dan orangtua tunggal yang terkena PHK atau dirumahkan. Selain itu, sebagian bantuan juga secara simbolik diserahkan kepada Kepala Desa Panggungharjo Sewon Bantul DIY, Wahyudi Anggoro Hadi.
 
PETJ Bagikan Paket Sembako ke Warga Terdampak Covid-19
Sekjen PETJ menyerahkan simbolis ke Kepala Desa Panggungharjo. (Foto: PETJ)
 
Koordinator donasi dari Jerman, Yuliarti Kusumawardaningsih, berharap agar donasi yang diberikan bisa membantu meringankan beban hidup masyarakat yang membutuhkan di tengah pandemi covid-19 ini.
 
Sementara Koordinator dari Austria, Elvira Hassler, juga menyampaikan harapannya agar kegiatan donasi bisa terus dilanjutkan secara berkesinambungan dengan bantuan-bantuan yang bersifat produktif, bukan konsumtif.
 
Selama distribusi paket sembako, diserukan pula pentingnya warga agar tetap menjaga jarak fisik, menggunakan masker selama di luar rumah, dan mencuci tangan dengan sabun.
 
"Terima kasih kepada kawan-kawan untuk bantuannya. Kita akan berjuang terus untuk memajukan Indonesia!," tutup Ari Manik.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif