NEWSTICKER
PM Spanyol Pedro Sanchez bersama istrinya, Begona Gomez (tengah). (Foto: AFP)
PM Spanyol Pedro Sanchez bersama istrinya, Begona Gomez (tengah). (Foto: AFP)

Istri PM Spanyol Positif Korona

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona covid-19
Willy Haryono • 15 Maret 2020 09:11
Madrid: Istri dari Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez, Begona Gomez, telah dinyatakan positif mengidap virus korona covid-19. Pengumuman disampaikan di hari yang sama Spanyol mendeklarasikan status darurat dan penutupan total (lockdown) berskala nasional untuk memerangi covid-19.
 
Dikutip dari Guardian, Minggu 15 Maret 2020, Pemerintah Spanyol mengatakan bahwa Gomez dan juga Sanchez saat ini berada dalam kondisi baik. Keduanya memutuskan untuk mengisolasi diri di kediaman mereka di Istana Moncloa di Madrid.
 
Sebelumnya pada pekan ini, dua menteri kabinet PM Sanchez juga telah dinyatakan positif terjangkit covid-19. Mereka adalah Menteri Kesetaraan Irene Montero dan Menteri Kebijakan Wilayah dan Layanan Sipil Carolina Darias.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Spanyol adalah negara terdampak korona terparah di Eropa setelah Italia. Sejauh ini, Spanyol telah mengonfirmasi 6.391 kasus dengan 195 kematian. Italia telah melakukan lockdown sebelum Spanyol.
 
Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus sebelumnya mengatakan bahwa Eropa kini telah menjadi pusat pandemi covid-19. Virus tersebut pertama kali muncul di kota Wuhan, provinsi Hubei, Tiongkok, pada akhir Desember 2019.
 
Deklarasi lockdown nasional di Spanyol disampaikan PM Sanchez usai dirinya memimpin rapat kabinet terkait covid-19 selama tujuh jam pada Sabtu 14 Maret. "Keputusan luar biasa harus diambil karena Spanyol sedang menghadapi krisis kesehatan, sosial, dan ekonomi," tegasnya.
 
Seperti di Italia, seluruh toko dan entitas bisnis di Spanyol yang bukan menawarkan produk kebutuhan sehari-hari akan tutup selama darurat nasional. Beberapa yang akan tetap buka meliputi supermarket, toko makanan, farmasi, dan stasiun pengisian bahan bakar.
 
"Selama darurat nasional, warga hanya boleh keluar jika alasannya sebagai berikut: membeli makan atau obat-obatan; mendatangi pusat kesehatan; pergi bekerja; merawat anak-anak, orang lanjut usia, atau penyandang disabilitas; dan mengurus asuransi di kantor-kantor terkait," sebut PM Sanchez.
 
Gomez bukan satu-satunya Ibu Negara yang terjangkit covid-19. Istri dari PM Kanada Justin Trudeau,Sophie Gregoire-Trudeau, juga telah dinyatakan positif korona.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif