Bandara Internasional John F Kennedy di New York, AS. (AFP)
Bandara Internasional John F Kennedy di New York, AS. (AFP)

AS Tetapkan Aturan Baru Penerbangan Internasional, Berlaku Akhir Januari

Internasional amerika serikat penerbangan Virus Korona covid-19 pandemi covid-19
Willy Haryono • 13 Januari 2021 12:27
Washington: Amerika Serikat akan mewajibkan semua penumpang internasional yang hendak masuk ke AS untuk membawa hasil negatif tes virus korona (covid-19). Aturan ini akan mulai diberlakukan pada 26 Januari mendatang.
 
"Varian virus SARS-CoV-2 terus bermunculan di sejumlah negara dunia, dan ada bukti tingkat penularan dari beberapa varian ini meningkat," ujar pernyataan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), dikutip dari laman Anadolu Agency pada Rabu, 13 Januari 2021.
 
"Dengan lonjakan kasus yang sedang terjadi di AS, persyaratan hasil tes bagi penumpang pesawat akan membantu memperlamban penyebaran virus seiring berjalannya program vaksinasi terhadap masyarakat Amerika," lanjutnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:  Jumlah Kasus Covid-19 di AS Lampaui 20 Juta
 
CDC mengatakan, semua penumpang internasional yang hendak datang ke AS harus melakukan tes covid-19 tiga hari sebelum keberangkatan. Mereka juga harus membawa bukti hasil tes, baik secara tertulis maupun digital kepada maskapai terkait.
 
"Bagi mereka yang pernah terjangkit covid-19 namun sudah pulih, diwajibkan membawa dokumentasi yang dapat membuktikan kesembuhan," lanjut CDC.
 
Masih dari keterangan CDC, pihak maskapai harus mampu mengonfirmasi hasil negatif tes covid-19 pada tiap-tiap penumpang. Bagi mereka yang tidak membawa hasil tes atau dokumen terkait, CDC meminta maskapai untuk menolaknya naik ke pesawat.
 
"Tes (covid-19) tidak mengeliminasi semua risiko," kata Direktur CDC Robert Redfield.
 
"Namun saat dikombinasikan dengan periode tinggal di rumah dan mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker dan menjaga jarak, maka perjalanan akan menjadi lebih aman, sehat, dan bertanggung jawab," lanjutnya.
 
Hingga Selasa malam, AS mengonfirmasi lebih dari 22,7 juta kasus covid-19 dengan hampir 300 ribu kematian, berdasarkan data dari situs pemantau Johns Hopkins University.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif