Ilustrasi/Medcom.id
Ilustrasi/Medcom.id

Metro Siang

Pasukan Militer Rusia Dikerahkan Padamkan Kebakaran Hutan Siberia

Internasional kebakaran hutan rusia Pemadam Kebakaran
MetroTV • 23 Juli 2021 17:27
Siberia: Pemerintah Rusia mengerahkan 18 penerbangan pasukan militer Angkatan Udara (AU) guna membantu memadamkan kebakaran hutan. Kebakaran terjadi di wilayah Sakha (Yakutia), Siberia, Rusia, Kamis, 22 Juli 2021.
 
Dilansir dari CNN World, wilayah yang justru dikenal sebagai kota terdingin di dunia ini mengalami gelombang panas selama berminggu-minggu. Pasukan militer AU menyiramkan 36 ton air di distrik Gorny Altai, Siberia. 
 
"Kebakaran baru telah muncul di utara Yakutia, di tempat-tempat yang tidak ada kebakaran tahun lalu dan di tempat yang tidak pernah terbakar sebelumnya," kata Pilot Pos Pengamatan Udara Senior, Svyatoslav Kolesov.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Wilayah Sakha (Yakutia) disebut mencapai suhu terpanas 39 derajat celcius, memecahkan rekor selama beberapa hari terakhir. Pemerintah Rusia melaporkan seluas 1,5 juta hektare wilayah telah hangus terbakar.
 
"Musim kebakaran semakin lama, api semakin besar, membakar lebih intens dari sebelumnya," kata Asisten Profesor Geografi Lingkungan di London School of Economics, Thomas Smith. 
 
Smith menjelaskan kebakaran yang terjadi di bagian Siberia Timur ini terjadi setiap 10 hingga 30 tahun dari sekarang. Ia menambahkan fenomena ini mengakibatkan hutan tidak dapat berkembang dan akan berakhir dengan pergeseran ekosistem ke jenis tanah semak.
 
"Berbeda dengan dahulu kala, kebakaran terjadi setiap 100 hingga 150 tahun di satu lokasi yang berarti hutan benar-benar beregenerasi," kata Smith.
 
Kebakaran ini pun diumumkan telah melahap 8.900 hektare lahan di wilayah Karelia, Rusia. Hingga kini, Kementerian Pertahanan Rusia tak henti-hentinya menginstruksikan pemadaman api di berbagai titik kebakaran. (Nadia Ayu/Edition.com)

 
(UWA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif