Vaksin Korona Sputnik V buatan Rusia. Foto: AFP.
Vaksin Korona Sputnik V buatan Rusia. Foto: AFP.

KBRI Moskow: Informasi Vaksin Sputnik Masih Sangat Terbatas

Internasional vaksin covid-19
Marcheilla Ariesta • 13 Agustus 2020 21:40
Moskow: Pemerintah Rusia mengatakan akan segera memberikan vaksin kepada publik pada awal tahun depan. Pasalnya, saat ini Rusia mengklaim telah memiliki vaksin virus korona (covid-19) pertama yang diberi nama Sputnik V.
 
Wakil Duta Besar RI untuk Rusia, Azis Nurwahyudi, kepada Medcom.id, Kamis, 13 Agustus 2020 menuturkan bahwa pemerintah Rusia belum menjelaskan secara detail mengenai vaksin tersebut dan peruntukkannya.
 
"Informasi mengenai vaksin Sputnik ini sangat sedikit (terbatas)," kata Azis.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Mengenai peruntukkannya, pemerintah Rusia belum menjelaskan publik ini siapa," tuturnya.
 
Meski demikian, pada September nanti, vaksin itu baru akan disuntikkan untuk frontliner di bidang medis. Azis mengatakan bahwa publik Rusia menyambut positif vaksin Sputnik V itu.
 
Kementerian Kesehatan Indonesia sendiri sempat melakukan pertemuan secara virtual dengan mitranya di Rusia untuk membahas mengenai masalah covid-19. Menurut Azis, pembicaraan dilakukan jauh sebelum vaksin diumumkan, yakni pada 5 Juni 2020 lalu.
 
"Pembicaraan kita masih tahap awal," imbuhnya.
 
Namun, dia menambahkan, pihaknya telah diminta untuk mencari tahu mengenai vaksin tersebut. Sayangnya informasi mengenai vaksin Sputnik V masih sangat terbatas.
 
Presiden Rusia, Vladimir Putin, mengumumkan bahwa penggunaan vaksin virus corona Sputnik V telah disetujui pada 11 Agustus.
 
Di sisi lain Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) belum bisa memberi jaminan keamanan bagi vaksin Sputnik V yang diproduksi oleh Rusia, karena menurut mereka masih harus melewati tahap prakualifikasi.
 
Menurut standar dunia, uji klinis tahap tiga sebuah vaksin harus melibatkan sekitar 10 ribu orang dan memakan waktu berbulan-bulan. Tahap itu juga dinilai menjadi satu-satunya proses eksperimen untuk menguji apakah vaksin itu aman dan manjur.
 
(FJR)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif