Pemimpin Chechnya Ramzan Kadyrov. (AFP)
Pemimpin Chechnya Ramzan Kadyrov. (AFP)

Chechnya: Sikap Macron atas Kartun Nabi Menginspirasi Terorisme

Internasional Chechnya Kartun Nabi Muhammad Emmanuel Macron
Willy Haryono • 28 Oktober 2020 12:49
Grozny: Pemimpin Chechnya Ramzan Kadyrov mengkritik sikap Presiden Prancis Emmanuel Macron yang membela kartun Nabi Muhammad buatan majalah Charlie Hebdo. Ia menilai sikap tersebut menginspirasi sekaligus "memaksa orang-orang ke dalam terorisme."
 
Sekutu dekat Presiden Rusia Vladimir Putin, Kadyrov melontarkan kritik setelah Macron memperingatkan warganya yang tinggal di dalam dan luar negeri terhadap ancaman serangan terkait kemarahan atas kartun Nabi Muhammad.
 
Peringatan Macron disampaikan hampir dua pekan setelah terjadinya pemenggalan terhadap guru bernama Samuel Paty di Prancis. Paty dipenggal seorang pengungsi asal Chechnya usai memperlihatkan kartun Nabi Muhammad dalam pelajaran kebebasan berekspresi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Macron mengecam pemenggalan terhadap Paty, dan menegaskan bahwa kartun Nabi Muhammad buatan Charlie Hebdo merupakan bentuk dari kebebasan berekspresi. Ia bertekad akan terus melindungi kebebasan tersebut di Prancis.
 
Sikap Macron memicu kemarahan dari negara-negara mayoritas beragama Islam dan sejumlah tokoh Muslim, termasuk Kadyrov.
 
"Anda (Macron) memaksa orang ke dalam terorisme, mendorong orang masuk ke arah sana, dan membuat mereka tidak memiliki pilihan lain. Anda menciptakan kondisi ideal untuk mendorong pertumbuhan ekstremisme di kalangan pemuda," ujar Kadyrov via Instagram, dikutip dari laman The Hill pada Rabu, 28 Oktober 2020.
 
Baca:Menlu Iran Tuduh Presiden Prancis Memicu Ekstremisme
 
"Dengan begitu, Anda dapat menyebut diri Anda sebagai pemimpin sekaligus inspirasi terorisme," tambahnya.
 
Kadyrov adalah mantan pemberontak dan pendukung kampanye militer Rusia dalam mengalahkan pemberontakan kelompok Islam di Chechnya. Ia adalah anak dari mantan Presiden Chechnya, Akhmad Kadyrov.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif