Moderna siapkan penggunaan vaksin covid-19 secara darurat setelah 17 Desember 2020. Foto: AFP
Moderna siapkan penggunaan vaksin covid-19 secara darurat setelah 17 Desember 2020. Foto: AFP

Vaksin Covid-19 Moderna Bisa Digunakan Setelah 17 Desember di AS

Internasional amerika serikat Virus Korona covid-19 vaksin covid-19
Fajar Nugraha • 03 Desember 2020 06:52
Washington: Vaksin covid-19 Moderna dapat disetujui untuk penggunaan darurat dalam waktu 24 hingga 72 jam setelah rapat komite penasihat regulator kesehatan Amerika Serikat (AS). Hal tersebut diungkapkan oleh Chief Executive Officer Moderna Stéphane Bancel pada Rabu 2 Desember 2020.
 
Badan Pengawas Makanan dan Obat (FDA) AS dijadwalkan mengadakan pertemuan pada 17 Desember untuk membahas permintaan Moderna untuk otorisasi penggunaan darurat untuk vaksinnya.
 
“Moderna saat ini memiliki jutaan dosis vaksin yang dapat dikirim segera setelah permintaannya dikabulkan,” kata Bancel, saat berbicara di konferensi perawatan kesehatan Piper Sandler, seperti dikutip AFP, Kamis 3 Desember 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Moderna, yang merupakan salah satu manufaktur obat terdepan dalam perlombaan untuk mengembangkan vaksin virus korona, telah mengajukan izin darurat di Amerika Serikat dan Uni Eropa (UE) setelah hasil lengkap dari studi tahap akhir menunjukkan vaksinnya 94,1 persen efektif. Tidak ada masalah keamanan yang serius ditemukan dalam vaksin itu.
 
Sementara sebuah vaksin yang dikembangkan oleh Pfizer dan BioNTech SE yang 95 persen efektif dalam uji coba pentingnya akan ditinjau oleh panel ahli independen, seminggu sebelumnya. FDA akan memutuskan otorisasi setelah penasihat membuat rekomendasi mereka.
 
Bancel mengatakan Moderna berada dalam posisi untuk meningkatkan produksi dengan cepat dan akan menghasilkan banyak uang tahun depan.
 
"Kami memiliki platform, dan sekarang saatnya untuk mengukur," katanya.

100 persen efektif

Sebelumnya Moderna mengumumkan hasil akhir penelitian atas vaksin covid-19 yang mereka kembangkan. Hasil baru menunjukkan vaksin itu 100 persen manjur melawan kasus covid-19 yang parah.
 
Vaksin korona dari Moderna ini mungkin menawarkan tingkat perlindungan yang sangat tinggi terhadap covid-19 dan tampaknya tidak ada bukti bahwa kemanjuran lebih buruk pada usia yang lebih tua. Hal itu terlihat dari analisis utama untuk fase akhir penelitian.
 
“Analisis studi COVE tahap ketiga terhadap calon vaksin, yang disebut mRNA-1273, melibatkan 30.000 peserta termasuk 196 kasus covid-19. 30 kasus di antaranya parah,” pernyataan Moderna.
 
“Kemanjuran vaksin melawan penyakit itu 94,1 persen, dan kemanjuran vaksin melawan covid-19 yang parah adalah 100 persen,” imbuh pihak Moderna.
 
Pihak perusahaan menambahkan bahwa vaksin umumnya ditoleransi dengan baik tanpa masalah keamanan serius yang diidentifikasi hingga saat ini.
 
Kemajuan yang diraih, mendorong saham Moderna naik 1 persen menjadi USD142,47. Mereka telah meningkat lebih dari tujuh kali lipat tahun ini, menilai perusahaan pada USD55,80 miliar pada harga penutupan Selasa.
 
(REN)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif