Dampak konflik Ukraina terhadap petani. Foto: Dok/Metro TV
Dampak konflik Ukraina terhadap petani. Foto: Dok/Metro TV

Presiden Biden Bantu Petani AS Atasi Dampak Konflik Ukraina

MetroTV • 17 Mei 2022 17:21
Illinois: Presiden Amerika Serikat Joe Biden bertekad meningkatkan industri pertanian AS karena menurutnya konflik Ukraina telah mengganggu pasokan dan harga pangan dunia. Menurut analis gangguan pasokan bahan pangan bisa mengakibatkan masalah global jangka panjang di negara-negara berpenghasilan rendah.
 
"Wilayah Kankakee, Illinois letaknya sangat jauh dari Kiev, namun dampak konflik Rusia-Ukraina juga terasa di lahan pertanian ini. Invasi Rusia ke Ukraina selama hampir tiga bulan telah membahayakan pasokan global gandum, jagung, minyak goreng, dan pupuk," kata presenter Metro TV, Kevin Egan dalam tayangan Metro Siang di Metro TV, Selasa, 17 Mei 2022.
 
Harga pangan dunia pun ikut naik hampir 13 persen sejak invasi Rusia ke Ukraina menurut gedung putih. Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengatakan, ia melakukan semua upaya yang bisa membantu petani Amerika mengatasi masalah yang dituduh disebabkan Presiden Rusia, Vladimir Putin.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dengan perang Putin di Ukraina, Anda seperti tulang punggung kebebasan," tutur Biden.
 
Biden mengumumkan sebuah kebijakan bagi para petani di AS serta tambahan dukungan agar petani bisa melakukan dua kali panen dalam setahun. Selain itu akan ada teknologi yang memungkinkan penggunaan lebih sedikit pupuk serta menggandakan pendanaan untuk produksi pupuk dalam negeri menjadi USD500 juta.
 
Presiden Bank Investasi Eropa pekan lalu mengingatkan, Ukraina memiliki banyak sekali stok gandum. "Ukraina adalah lumbung gandum Eropa dan kini punya gandum senilai 8 miliar Euro dari panen tahun lalu. Mereka tidak bisa mengekspornya lantaran tidak ada askes laut ungkap Presiden Bank Investasi Eropa Werner Hoyer. (Fauzi Pratama Ramadhan)
 
(MBM)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif