Menteri Luar Negeri Inggris Liz Truss./AFP
Menteri Luar Negeri Inggris Liz Truss./AFP

Inggris Jadi Tuan Rumah Konferensi Internasional Kebebasan Beragama 2022

Internasional Inggris Dialog Antar Agama Etnis dan agama
Marcheilla Ariesta • 26 November 2021 18:55
London: Inggris akan menjadi tuan rumah konferensi internasional mengenai kebebasan beragama pada Juli tahun depan. Kegiatan ini akan dilakukan di London pada 5-6 Juli 2022.
 
"KTT ini akan mendorong aksi kolektif dalam mempromosikan rasa hormat antara komunitas agama dan non-agama yang berbeda di seluruh dunia sehingga setiap orang di dunia dapat menjalankan agama atau kepercayaannya sendiri dengan bebas," kata Menteri Luar Negeri Inggris Liz Truss, dikutip dalam pernyataan Kedutaan Besar Inggris, Jumat, 26 November 2021.
 
Pertemuan ini diharapkan memainkan peran kunci dalam membentuk sebuah jaringan kebebasan yang sedang dibangun Inggris.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Truss menuturkan, pertemuan ini merupakan salah satu prioritas perihal hak asasi manusia yang sudah ada sejak lama. Pada Februari 2020, Inggris menjadi salah satu anggota pendiri Aliansi Kebebasan Beragama atau Berkeyakinan Internasional. 
 
Baca juga: PM Inggris Desak Presiden Prancis Ambil Kembali Para Imigran
 
Sejak itu, keanggotaan grup telah berkembang dari 27 menjadi 33 negara. "Kami terus mendorong negara-negara lain untuk bergabung," lanjut Truss.
 
Sepanjang 2021, Inggris telah membuat langkah besar dengan mitra internasional kami dalam upaya kolektif untuk memberantas intoleransi dan persekusi yang berkaitan dengan keyakinan agama dan non-agama. 
 
Pada Mei, di bawah kepresidenan G7 kami, Inggris memastikan – untuk pertama kalinya – dimasukkannya isu-isu kebebasan beragama dalam komunike Pertemuan Menteri Luar Negeri dan Pembangunan G7.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif