Topan Paulette tercatat memiliki kecepatan putaran angin maksimal hingga 130 kilometer per jam. (Foto: RAMMB/NOAA/AFP)
Topan Paulette tercatat memiliki kecepatan putaran angin maksimal hingga 130 kilometer per jam. (Foto: RAMMB/NOAA/AFP)

Topan Paulette Bergerak ke Bermuda, Badai Sally Ancam AS

Internasional amerika serikat topan badai
Willy Haryono • 14 September 2020 08:50
Houston: Warga di kawasan Bermuda diminta mempersiapkan diri menjelang kedatangan Topan Paulette. Di waktu bersamaan, Badai Tropis Sally juga bergerak ke arah Pesisir Teluk, Amerika Serikat.
 
Paulette menyentuh level kekuatan topan pada Sabtu malam, dan diperkirakan dapat membawa angin kencang dan memicu gelombang tinggi di Bermuda.
 
Pemerintah Bermuda mengumumkan bahwa Bandara Internasional LD Wade akan ditutup pada Minggu malam, sedangkan kompleks gedung pemerintahan ditutup dua hari pada Senin dan Selasa pekan ini. Sejumlah tempat penampungan telah dibuat untuk warga yang mengungsi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dikutip dari Al Jazeera, Senin 14 September 2020, Pusat Badai Nasional AS (NHC) mencatat kecepatan putaran angin maksimal Paulette mencapai 130 kilometer per jam. NHC menyebut, ancaman terbesar dari Paulette adalah angin kencang, gelombang tinggi dan hujan deras.
 
Hingga Minggu 13 September, Paulette berada sekitar 386 kilometer dari Bermuda, dan bergerak dengan kecepatan 23 km/jam. Paulette merupakan topan terkuat dalam hal tiupan angin di wilayah Samudra Atlantik dan Teluk Meksiko.
 
Sementara itu, New Orleans dan area sekitarnya berada di bawah ancaman Badai Sally yang diperkirakan tiba di wilayah pesisir pada Senin atau Selasa pagi. Sally diperkirakan akan berdampak pada beberapa kota, mulai dari Morgan City, Louisiana, hingga ke Ocean Springs, Mississippi.
 
Gubernur Louisiana John Bel Edwards mendeklarasikan status darurat badai pada Sabtu kemarin. Sementara otoritas New Orleans telah mengeluarkan perintah evakuasi wajib untuk beberapa wilayah rentan.
 
Seperti Paulette, Sally juga diperkirakan dapat memicu gelombang tinggi yang dapat membahayakan keselamatan masyarakat pesisir.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif