Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus. (Foto: AFP)
Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus. (Foto: AFP)

WHO Kembali Kirim Tim Investigasi Covid-19 ke Tiongkok

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona covid-19
Marcheilla Ariesta • 30 Juni 2020 15:10
Beijing: Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) akan kembali mengirim tim ke Tiongkok pekan depan. Tim ini nantinya akan menyelidiki asal-usul virus korona (covid-19).
 
Februari lalu, WHO telah mengirim tim ahli ke Tiongkok untuk meneliti dan juga membantu otoritas kesehatan setempat dalam menangani penyebaran covid-19.
 
Baca:Tiba di Tiongkok, Tim Ahli WHO Teliti Virus Korona

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita bisa melawan virus dengan lebih baik ketika kita tahu segalanya tentang virus itu, termasuk bagaimana virus ini bermula," kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus, dilansir dari Channel News Asia, Selasa 30 Juni 2020.
 
"Kami akan mengirim tim pekan depan ke Tiongkok untuk mempersiapkan (penyelidikan) itu," imbuhnya.
 
Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Menteri Luar Negeri Mike Pompeo pernah melayangkan tuduhan bahwa covid-19 adalah virus yang berasal dari sebuah laboratorium di Wuhan, Tiongkok. Wuhan adalah tempat pertama munculnya covid-19.
 
Sejauh ini tidak ada bukti kuat mengenai pernyataan Trump maupun Pompeo. Beijing juga membantah keras pernyataan tersebut. Menurut sejumlah ilmuwan, covid-19 kemungkinan besar berasal dari alam, bukan buatan manusia.
 
Sebelumnya, Tedros mengingatkan komunitas internasional bahwa pandemi covid-19 masih jauh dari usai. Pernyataan disampaikan setelah total kasus covid-19 di level global melampaui 10 juta dengan 500 ribu lebih kematian.
 
"Kita semua ingin semua ini berakhir. Kita semua ingin melanjutkan kehidupan seperti biasa," ucap Tedros.
 
"Tapi kenyataannya adalah, (pandemi covid-19) ini masih jauh dari usai. Meski banyak negara mencatat kemajuan berarti, tapi secara global laju pandemi ini justru meningkat," sambungnya.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif