Bandara Fiumicino di Roma, Italia. (Foto: AFP)
Bandara Fiumicino di Roma, Italia. (Foto: AFP)

Italia akan Kembali Sambut Turis di Awal Juni

Internasional Virus Korona Coronavirus virus corona covid-19
Willy Haryono • 16 Mei 2020 19:04
Roma: Italia berencana membuka kembali perbatasan mereka dan menyambut kedatangan turis mulai awal Juni mendatang. Italia juga berencana menghapus kewajiban karantina 14 hari yang sebelumnya diterapkan kepada semua pendatang.
 
Perdana Menteri Giuseppe Conte telah memberlakukan kebijakan penguncian wilayah (lockdown) pada awal Maret untuk menangani virus korona (covid-19). Lockdown menghancurkan pariwisata di Italia, salah satu sektor andalan negara tersebut.
 
Meski tidak pernah menutup perbatasan mereka secara formal, Italia melarang segala bentuk kegiatan pariwisata dan memberlakukan karantina dua pekan bagi semua pendatang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun seiring menurunnya jumlah kasus dan kematian harian akibat covid-19, Italia melonggarkan lockdown dan berencana menghidupkan kembali perekonomian melalui pariwisata.
 
Dilansir dari Times of Malta, Sabtu 16 Mei 2020, semua pengunjung akan diizinkan masuk ke Italia tanpa perlu menjalani karantina mulai 3 Juni mendatang. Warga Italia juga dapat dapat bebas bepergian antar wilayah di dalam negeri.
 
Namun pelonggaran di Italia ini dapat sewaktu-waktu dihentikan jika terjadi lonjakan infeksi atau kematian akibat covid-19.
 
Puncak penyebaran covid-19 di Italia telah terlewati di akhir Maret. Namun sejumlah pakar memperingatkan bahwa gelombang kedua covid-19 masih mungkin terjadi di Italia.
 
Restoran, bar, dan salon, sudah diizinkan kembali beroperasi pada Senin kemarin. Izin operasional itu diberikan dua pekan lebih cepat dari rencana semula.
 
Sejumlah gereja dan masjid di Italia akan dibuka kembali dalam waktu dekat. Namun hingga saat ini, perkumpulan massa dalam jumlah besar masih dilarang di Italia.
 
Pemerintah Italia akan terus melonggarkan pembatasan ini, dengan catatan semua warga harus tetap mengikuti menjaga jarak sosial (social distancing) dan beberapa aturan lainnya, termasuk mengenakan masker.
 
Informasi lengkap tentang perkembangan penanganan pandemi covid-19 bisa langsung diakses di sini (https://www.medcom.id/corona).
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif