Logo di markas besar WHO di Jenewa, Swiss. (Foto: AFP)
Logo di markas besar WHO di Jenewa, Swiss. (Foto: AFP)

WHO Puji Tekad India Hadirkan Vaksin untuk Semua Negara

Internasional Virus Korona vaksin covid-19
Willy Haryono • 27 September 2020 18:07
Jenewa: Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus memuji Perdana Menteri India Narendra Modi yang bertekad menghadirkan vaksin virus korona (covid-19) untuk semua negara dunia. Tedros menekankan, pandemi covid-19 hanya bisa dikalahkan dengan memobilisasi semua sumber daya demi kebaikan bersama.
 
Dalam pidato virtual di Sidang Majelis Umum ke-75 Perserikatan Bangsa-Bangsa, PM Modi menegaskan bahwa kapasitas produksi dan distribusi vaksin covid-19 India akan digunakan untuk membantu semua umat manusia.
 
Ia mengatakan bahwa di tengah masa sulit seperti saat ini, industri farmasi di India masih bisa mengirim pasokan obat-obatan ke lebih dari 150 negara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Terima kasih atas komitmen dan solidaritas Anda, Perdana Menteri @narendramodi. Hanya dengan berusaha bersama, dengan memobilisasi kekuatan dan sumber daya untuk kebaikan bersama, kita dapat mengakhiri pandemi #COVID-19," tulis Tedros via Twitter, dikutip dari laman The Telegraph Online, Minggu 27 September 2020.
 
Melissa Fleming, Wakil Sekretaris Jenderal untuk Komunikasi Global PBB, menilai tekad PM Modi sebagai berita baik. Ia sempat menyinggung pernyataan Sekjen PBB Antonio Guterres bahwa "vaksinasionalisme" bukan hanya tidak adil, tapi juga merugikan diri sendiri.
 
Istilah "Vaksinasionalisme" merujuk pada upaya negara tertentu dalam menghadirkan vaksin eksklusif bagi warganya sendiri. Guterres mengecam sejumlah negara yang mengambil langkah seperti itu.
 
Tekad PM Modi disampaikan walau India tengah kewalahan menangani penyebaran covid-19, yang sudah menginfeksi sekitar 5,9 juta orang di negara tersebut. Angka kematian akibat covid-19 di India juga telah melampaui 93 ribu, yang merupakan tertinggi ketiga di dunia.
 
PM Modi mengatakan, sejumlah vaksin covid-19 di India sudah bergerak menuju uji klinis fase ketiga. Jika fase ketiga ini terlewati dengan baik, maka vaksin akan dianggap sudah aman untuk digunakan masyarakat umum.
 
Tidak hanya soal produksi dan distribusi, India juga bertekad membantu negara-negara dunia dalam hal penyimpanan vaksin yang membutuhkan tempat khusus bertemperatur rendah. Tanpa adanya wadah dengan suhu yang tepat, vaksin covid-19 akan menjadi tidak berguna.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif