Tim penyelamat dan penduduk setempat dengan panik mencari korban selamat di Izmir. Reuters.
Tim penyelamat dan penduduk setempat dengan panik mencari korban selamat di Izmir. Reuters.

Gempa di Turki, 6 Orang Tewas dan 202 Luka-luka

Internasional Gempa Bumi turki
Achmad Zulfikar Fazli • 31 Oktober 2020 00:33
Aegean: Gempa dahsyat melanda Pantai Aegean, Turki, dan utara Pulau Samos, Yunani. Sejumlah rumah hancur akibat gempa berkekuatan 7.0 magnitudo itu.
 
"Itu benar-benar (gempa) yang kuat, cukup untuk membuat Anda tersentak. Saya berlari keluar rumah bersama anak-anak, seperti mabuk," kata Chris Bedford, seorang pensiunan guru yang tinggal di Urla, dilansir dari BBC, Jumat, 30 Oktober 2020.
 
Berdasarkan Survei Geologi AS (USGS), pusat gempa berada di Provinsi Izmir, Turki. Sebanyak enam orang tewas dan 202 luka-luka di Kota Izmir akibat hantaman gempa. Sedangkan, dua remaja tewas di Samos.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Gempa dangkal itu memicu tsunami kecil yang membanjiri Izmir dan Samos. USGS mengatakan titik gempa berada pada kedalaman 10 kilometer (km). Namun, pejabat Turki menyebut titik gempa itu berada 16 km di bawah tanah.
 
Turki dan Yunani sama-sama berada di garis patahan dan gempa biasa terjadi. Di Izmir, kota terbesar ketiga di Turki dengan populasi hampir tiga juta, banyak orang terlihat berlarian ke jalan karena panik dan ketakutan akibat guncangan gempa. Sedikitnya 20 bangunan roboh.
 
Sebuah video telah diposting di media sosial yang menunjukkan satu gedung bertingkat runtuh. Rekaman lainnya menunjukkan orang-orang lokal saling berebut untuk berdiri di atas puing-puing mencari korban selamat.
 
Sementara itu, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan pemerintah akan membantu korban gempa. Dia akan mengerahkan semua sarana yang tersedia di Turki.
 
(AZF)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif