AstraZeneca mengatakan bahwa vaksinnya untuk virus korona efektif sekitar 90 persen. Foto:AFP
AstraZeneca mengatakan bahwa vaksinnya untuk virus korona efektif sekitar 90 persen. Foto:AFP

Vaksin Covid-19 AstraZeneca Dinyatakan 90 Persen Manjur

Internasional Virus Korona vaksin covid-19 AstraZeneca
Fajar Nugraha • 23 November 2020 15:33
London: AstraZeneca mengatakan pada Senin 23 November 2020 bahwa vaksinnya untuk virus korona efektif sekitar 90 persen tanpa efek samping yang serius. AstraZeneca menjadi produsen obat terbaru yang mengungkap data sementara dalam menghasilan vaksin covid-19 potensial.
 
“Vaksin yang dikembangkan oleh University of Oxford 90 persen efektif dalam mencegah covid-19 ketika diberikan sebagai setengah dosis diikuti dengan dosis penuh setidaknya satu bulan,” menurut data dari uji coba tahap akhir di Inggris dan Brasil, seperti dikutip Channel News Asia.
 
Regimen dosis lain menunjukkan kemanjuran 62 persen ketika diberikan sebagai dua dosis penuh setidaknya dengan jarak satu bulan. Sementara analisis gabungan dari kedua rejimen takaran menghasilkan kemanjuran rata-rata 70 persen dan semua hasil signifikan secara statistik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Moderna Kenakan Satu Vaksin Covid-19 Sebesar Rp362 Ribu.
 
Tidak ada kejadian keamanan serius terkait vaksin yang telah dikonfirmasi dan itu ditoleransi dengan baik di kedua rejimen dosis, katanya.
 
"Kemanjuran dan keamanan vaksin ini mengonfirmasi bahwa vaksin itu akan sangat efektif melawan covid-19 dan akan berdampak langsung pada keadaan darurat kesehatan masyarakat ini," kata Pascal Soriot, Kepala Eksekutif AstraZeneca, dalam sebuah pernyataan.
 
Hasil uji coba awal pembuat obat Inggris itu menandai terobosan baru dalam perang melawan pandemi yang telah menewaskan hampir 1,4 juta orang dan mengguncang ekonomi global.
 
Analisis sementara didasarkan pada 131 infeksi di antara peserta yang menerima vaksin dan mereka yang berada dalam kelompok kontrol yang diberi suntikan menengitis.
 
Data tersebut muncul setelah manufaktur Amerika Serikat (AS) mempublikasikan data sementara dalam beberapa pekan terakhir yang menunjukkan kemanjuran lebih dari 90 persen.
 
Pada 16 November, Moderna Inc yang berbasis di AS mengatakan, vaksin eksperimentalnya terbukti 94,5 persen efektif berdasarkan analisis data awal.
 
Baca: Minggu Ini Vaksin Covid-19 dari Pfizer dapat Izin di Inggris.
 
Seminggu sebelumnya, Pfizer dan BioNTech mengatakan, kandidat vaksin mereka telah menunjukkan kemanjuran lebih dari 90 persen yang meningkat menjadi 95 persen dengan analisis data uji coba lengkap.
 
Vaksin Sputnik-V Rusia pada 11 November juga terbukti lebih dari 90 persen efektif, meski hanya berdasarkan 20 uji infeksi.
 
(FJR)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif