Ukraina cabut bebas visa Rusia mulai hari ini, Jumat, 1 Juli 2022./AFP
Ukraina cabut bebas visa Rusia mulai hari ini, Jumat, 1 Juli 2022./AFP

Mulai Hari ini, Warga Rusia Wajib Pakai Visa ke Ukraina

Marcheilla Ariesta • 01 Juli 2022 23:08
Kiev: Mulai Jumat, 1 Juli 2022, Ukraina memberlakukan wajib visa bagi seluruh warga Rusia yang akan masuk ke negaranya. Kebijakan ini mengakhiri perjalanan bebas visa Rusia ke Ukraina yang berlaku sejak negara itu lepas dari Uni Soviet pada 1991.
 
"Ukraina memperkenalkan rezim visa untuk warga negara Federasi Rusia," kata Presiden Volodymyr Zelensky, dilansir dari AFP.
 
Kepala staf Zelensky, Andriy Yermak mengatakan, kebijakan itu diambil akibat invasi Rusia yang hingga kini masih memanas. Aturan visa juga diberlakukan demi memperkuat pertahanan Ukraina.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Karena perang skala penuh yang dilakukan oleh Federasi Rusia, kami perlu memperkuat kontrol masuk warga negara Rusia ke wilayah kami. Keamanan adalah prioritas," ujar Yermak.
 
Baca juga: Indonesia-Ukraina Sepakati Bebas Visa, Zelensky: Ini Penting untuk Rakyat Kami
 
Jumlah wisatawan Rusia ke Ukraina sudah merosot sejak Moskow mencaplok semenanjung Krimea pada 2014 lalu.
 
Juru bicara penjaga perbatasan Ukraina, Andrey Demchenko, mengatakan bahwa pada 2013, Ukraina sempat dikunjungi hingga 10,8 juta warga Rusia. Namun setahun kemudian, jumlah itu turun menjadi 2,5 juta.
 
Sementara itu, Ukraina dan Indonesia resmi menandatangani kesepakatan penghapusan syarat visa kunjungan singkat antarkedua warga negara. Perjanjian tersebut ditandatangani oleh Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi dan Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba di Gedung Kementerian Luar Negeri Ukraina.
 
Di situs pemerintah Ukraina disebutkan bahwa warga negara Ukraina telah mendapatkan kemungkinan fasilitas bebas visa untuk masuk ke Indonesia sejak 2016, mengacu pada keputusan sepihak yang relevan dari pemerintah Indonesia. 
 
Di bawah perjanjian baru, Ukraina dan Indonesia telah mencapai kesepakatan perjalanan bebas visa untuk semua kategori warga negara secara permanen. Perjanjian tersebut akan mulai berlaku setelah diselesaikan oleh para pihak dari prosedur domestik.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif