PBB. Foto: AFP
PBB. Foto: AFP

PBB Adopsi Resolusi Memerangi Penyangkalan Holocaust

Internasional pbb nazi Yahudi
Marcheilla Ariesta • 22 Januari 2022 00:32
New York: PBB mengadopsi resolusi baru yang bertujuan memerangi penyangkalan terhadap tragedi Holocaust. Resolusi ini mendesak negara-negara dunia serta media untuk memerangi anti-Semitisme.
 
Holocaust merupakan penganiayaan ideologis dengan pembunuhan massal orang-orang Yahudi Eropa oleh rezim Nazi Jerman antara 1933-1945. Bagi Nazi yang juga penganut paham anti-Semit, orang-orang Yahudi adalah ras yang lebih rendah.
 
Mereka dipandang sebagai ancaman bagi kemurnian dan komunitas rasial Jerman. Resolusi yang diajukan Israel dan Jerman itu disahkan tanpa pemungutan suara oleh Majelis Umum PBB yang beranggotakan 193 orang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Majelis Umum PBB menolak dan mengutuk siapa pun yang menolak peristiwa Holocaust sebagai peristiwa bersejarah, baik secara penuh atau sebagian," kata Majelis Umum dalam sebuah pernyataan, dilansir dari AFP, Jumat, 21 Januari 2022.
 
Baca: Utusan PBB Desak ASEAN Dukung Upaya Internasional dalam Krisis Myanmar
 
Duta Besar Jerman untuk PBB Antje Leenderste mengatakan mengabaikan fakta sejarah meningkatkan risiko peristiwa serupa akan diulang. Resolusi tersebut memuji negara-negara yang melestarikan situs-situs yang pernah berfungsi sebagai kamp kematian Nazi dan kamp konsentrasi, serta mendesak negara-negara anggota Majelis Umum untuk menyediakan program pendidikan tentang Holocaust.
 
Menteri Luar Negeri Jerman Annalena Baerbock dan mitranya dari Israel Yair Lapid mengatakan dalam sebuah pernyataan bersama bahwa mereka prihatin penyangkalan terhadap Holocaust meningkat tajam akhir-akhir ini.
 
Namun, resolusi tersebut tidak diperuntukkan sebagai upaya yang disengaja meminimalkan dampak Holocaust, atau mengaburkan tanggung jawab Nazi Jerman dengan menyalahkan negara lain atau kelompok etnis tertentu.
 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif