Gandum Ukraina yang dipanen dikabarkan menuju Suriah. Foto: AFP
Gandum Ukraina yang dipanen dikabarkan menuju Suriah. Foto: AFP

Muncul Dugaan Biji-bijian Ukraina Diselundupkan Kapal Rusia ke Suriah

Internasional ukraina rusia Rusia-Ukraina Perang Rusia-Ukraina
Medcom • 13 Mei 2022 14:57
Kiev: Intelijen Kementerian Pertahanan Ukraina pada Selasa, 11 Mei 2022 mengumumkan biji-bijian yang dicuri dari Ukraina diangkut kapal kargo Rusia ke Suriah.
 
Biji-bijian dan bibit bunga matahari juga sedang dipersiapkan untuk dibawa ke Rusia dari Kota Oblast Zaporizhzhia. Banyak truk bermuatan biji-bijian pun telah berangkat ke perbatasan Rusia. Sementara itu, dari Oblast Kherson di selatan Ukraina, 1.500 ton biji-bijian diekspor ke Krimea.
 
Sebagian biji-bijian yang dicuri terlihat dalam gambar satelit, lapor CNN dua hari kemudian.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Satu kapal dagang berisi biji-bijian curian, Matros Pozynich, ditolak dari satu pelabuhan Mediterania dan berada di pelabuhan Latakia, Suriah pada Kamis, 12 Mei 2022.
 
Kapal tersebut mulai berlayar akhir April, dengan transponder mati. Matros Pozynich adalah satu dari tiga kapal yang terlibat dalam penyelundupan biji-bijian curian dari Ukraina.
 
Selain biji-bijian, Rusia juga mengekspor kubis dan kentang dari Ukraina.
 
Menurut Kemenhan Ukraina, biji-bijian yang dibawa Rusia ke Suriah kemungkinan turut diselundupkan ke negara-negara Timur Tengah lain.
 
Perang di Ukraina mengakibatkan lonjakan harga biji-bijian, minyak goreng, bahan bakar, dan pupuk. Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) menyebut kenaikan harga ini akan memperburuk krisis pangan di Afrika. (Kaylina Ivani)
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif